Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2022, 08:41 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Dunia fesyen di Indonesia sedang kedatangan banyak desainer muda yang baru berkecimpung dan hendak mengembangkan karyanya. Sayangnya, terkadang pendatang baru tidak mendapatkan wadah dan perhatian karena tertutup bayangan brand-brand besar.

Padahal jika dimaksimalkan, industri fesyen di negeri ini sangat berpotensi untuk bersaing di ranah global. Buktinya, tidak sedikit yang sudah berhasil menembus pasar internasional. Terlebih, Indonesia sangat kaya dengan budaya, karakter, dan ciri khas tersendiri.

Menanggapi fenomena tersebut, Ivan Gunawan selalu publik figur yang mendalami dunia mode, memiliki inisiatif untuk merangkul para fashion brand agar dapat tumbuh lebih besar, dengan menjalin kerjasama yang solid.

Hal itu direalisasikan lewat acara berjudul Garis Poetih, yang akan diselenggarakan pada 15 Februari hingga 17 Februari 2023 mendatang. Di sini nantinya pemilik brand dapat mempromosikan rancangan busananya.

Dalam konferensi pers, Senin (28/11/22), disampaikan bahwa konsep dari kegiatan tersebut adalah Fashion & Trade. Selain peragaan busana, owner juga bisa mempromosikan koleksinya di ruang “dealing buyers” kepada potensial buyer.

Pembelinya pun ada yang didatangkan dari luar negeri, sehingga memperluas kesempatan bagi brand lokal untuk semakin terdengar di skala internasional. Diantaranya ada dari Dubai, Qatar, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Baca juga: Dua Kunci Sukses Berbisnis Fesyen agar Tidak Kalah Saing

Press conference Garis Poetih yang dihadiri oleh (dari kiri) Kurnia Nugraha selaku Head of Media Relation JNE Express, Ratu Ashilla selaku Fashion Consultant TBF, Linda Anggrea selaku Founder Benang Jarum, Ivan Gunawan selaku Inisiator Garis Poetih, Rina Ciputra selaku Direktur Ciputra Artpreneur, dan Norisa Saifuddin selaku Senior VP BCA Press conference Garis Poetih yang dihadiri oleh (dari kiri) Kurnia Nugraha selaku Head of Media Relation JNE Express, Ratu Ashilla selaku Fashion Consultant TBF, Linda Anggrea selaku Founder Benang Jarum, Ivan Gunawan selaku Inisiator Garis Poetih, Rina Ciputra selaku Direktur Ciputra Artpreneur, dan Norisa Saifuddin selaku Senior VP BCA
“Garis Poetih adalah sebuah platform fashion parade. Selama 20 tahun berkarya di industri ini, sudah saatnya saya memberikan kesempatan dan merangkul sahabat saya para desainer fashion dan pemilik brand di Indonesia, untuk bisa menggelar fashion show di tengah masyarakat dengan konsep bisnis yang menguntungkan,” tutur Ivan.

Jadi bukan hanya kreativitas dan idealisme saja yang dikedepankan, tetapi juga keberlangsungannya. Soalnya, berjualan tidak kalah pentingnya dengan karya yang dihasilkan oleh desainer. Jika tidak mampu bersaing dari segi bisnis, belum tentu suatu brand dapat bertahan lama.

Ivan juga menyampaikan bahwa dirinya akan turun tangan untuk membantu mengatur koleksi brand-brand yang ikut berpartisipasi supaya tampil lebih solid.

Tidak tanggung-tanggung, koreografer, videografer, fotografer, hingga pengatur musik pun disediakan secara khusus, bagi pemasok pakaian yang turut berpartisipasi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.