Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2022, 18:20 WIB

KOMPAS.com - Peradangan atau inflamasi dalam tubuh sebenarnya terjadi ketika sistem imun kita mencoba untuk melindungi organ dari infeksi bakteri maupun virus.

Namun, jika peradangan bersifat kronis atau berlangsung lebih lama, ini bisa berdampak buruk pada kesehatan dalam berbagai cara.

Pertama, peradangan jangka panjang akan menurunkan sistem kekebalan tubuh, yang dapat menempatkan kita pada risiko masalah seperti penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes tipe 2, artritis, dan lebih banyak kondisi kesehatan lainnya.

Baca juga: 4 Minuman yang Dapat Mengurangi Peradangan Kronis, Ada Susu Kunyit

Berolahraga untuk mengurangi peradangan

Selain tidur yang nyenyak, mengelola stres dengan baik, dan mengonsumsi makanan sehat, olahraga ternyata juga mampu membantu mengurangi peradangan kronis.

"Olahraga menginduksi respons inflamasi tingkat rendah yang kemudian diadaptasi oleh tubuh, sehingga menciptakan adaptasi antiinflamasi jangka panjang," kata seorang ahli fisiologi olahraga dan ahli gizi, Stacy T. Sims, PhD.

"Inilah sebabnya mengapa semakin tubuh kita bugar, semakin sedikit penanda inflamasi kronis yang ada," ujar dia.

Sebuah tinjauan sistematis dari penelitian di Frontiers in Physiology juga mengungkapkan bahwa olahraga dapat mengurangi peradangan.

Namun, penelitian tersebut mencatat, olahraga intensitas tinggi yang dilakukan dengan kurangnya pemulihan justru bisa meningkatkan peradangan dan penyakit kronis.

Maka dari itu, penting untuk mengambil hari istirahat yang cukup dan bergantian antara latihan yang berat (HIIT yang intens) dan beberapa gerakan intensitas rendah (peregangan, berjalan kaki, atau bersepeda ringan).

Baca juga: 5 Buah yang Dapat Kurangi Peradangan dan Perlambat Penuaan

Untuk mendapatkan lebih banyak manfaat dan mengurangi peradangan, simak beberapa jenis olahraga yang baik untuk dilakukan, seperti yang dilansir dari laman Real Simple berikut ini.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.