Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2022, 12:10 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Berapa harga yang bersedia kamu bayarkan untuk mendapatkan sandal Birkenstocks lama yang pernah dipakai Steve Jobs?

"Saya akan membayar untuk melihatnya," kata Whoopi Goldberg minggu lalu dalam pesta untuk Birkenstock di Cipriani Wall Street, seperti dikutip The New York Times.

“Sekitar 75 sen,” tambahnya.

Yara Reichert, CEO Oliver Reichert, Whoopi Goldberg dalam acara Birkenstock di NYNeil Rasmus/BFA.com Yara Reichert, CEO Oliver Reichert, Whoopi Goldberg dalam acara Birkenstock di NY
Sandal kulit coklat Arizona milik Steve Jobs yang sudah usang itu pernah dipakai oleh salah satu pendiri Apple Inc. Steve Jobs pada tahun 1970-an dan 1980-an saat ia mengembangkan Apple Computers di garasi keluarganya di Los Altos, California.

Karena nilai historisnya, harganya pun bikin geleng-geleng kepala, yakni 218.750 dollar AS atau sekitar Rp 3,4 miliar, dibeli dalam lelang oleh seseorang yang dirahasiakan identitasnya.

Sandal itu dipajang dalam kotak plastik transparan dalam acara di Cipriani, yang menjadi perayaan menjelang hari jadi Birkenstock ke 250 tahun pada tahun 2024.

Acara birkenstock di New YorkCarl Timpone/BFA.com Acara birkenstock di New York
Acaranya sendiri digelar di ruang besar, dengan langit-langit berkubah tinggi dan dekorasi serupa hutan lebat dengan tanaman pakis, lumut, hingga daun pisang.

Birkenstock X Manolo BlahnikCarl Timpone/BFA.com Birkenstock X Manolo Blahnik
Di tengah ruangan, ada tempat terbuka untuk memamerkan koleksi ikonik Birkenstock, seolah-olah di museum.

Acara Birkenstock di NYCarl Timpone/BFA.com Acara Birkenstock di NY
Lalu ada pula bengkel kurcaci Santa Klaus berisi deretan seniman tato Three
Kings Tattoo di meja kerja - di mana para undangan bisa mengkustom sepatu milik mereka dengan gaya tato.

Sedangkan untuk menonjolkan kenyamanan sandal Birkenstock, ada juga ruang yang didedikasikan untuk pijat kaki.

Di antara koleksi yang dipamerkan terlihat kolaborasi dengan Marc Jacobs dari koleksi grunge Perry Ellis 1993 miliknya; sneaker bertali milik Rick Owens; selop Jil Sander yang bergaya; Birkenstock X Manolo Blahnik berhiaskan berlian, dan selop Birkenstock X Dior buatan tangan.

Semua itu bisa dinikmati sembari menyaksikan penampilan Natalie Hart, Chanese Elifé, Oswin Benjamin, dan Nduka the Chief, serta DJ MICK.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.