Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandal Birkenstock Steve Jobs Dipamerkan di New York

Kompas.com - 09/12/2022, 12:10 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Berapa harga yang bersedia kamu bayarkan untuk mendapatkan sandal Birkenstocks lama yang pernah dipakai Steve Jobs?

"Saya akan membayar untuk melihatnya," kata Whoopi Goldberg minggu lalu dalam pesta untuk Birkenstock di Cipriani Wall Street, seperti dikutip The New York Times.

“Sekitar 75 sen,” tambahnya.

Yara Reichert, CEO Oliver Reichert, Whoopi Goldberg dalam acara Birkenstock di NYNeil Rasmus/BFA.com Yara Reichert, CEO Oliver Reichert, Whoopi Goldberg dalam acara Birkenstock di NY
Sandal kulit coklat Arizona milik Steve Jobs yang sudah usang itu pernah dipakai oleh salah satu pendiri Apple Inc. Steve Jobs pada tahun 1970-an dan 1980-an saat ia mengembangkan Apple Computers di garasi keluarganya di Los Altos, California.

Karena nilai historisnya, harganya pun bikin geleng-geleng kepala, yakni 218.750 dollar AS atau sekitar Rp 3,4 miliar, dibeli dalam lelang oleh seseorang yang dirahasiakan identitasnya.

Sandal itu dipajang dalam kotak plastik transparan dalam acara di Cipriani, yang menjadi perayaan menjelang hari jadi Birkenstock ke 250 tahun pada tahun 2024.

Acara birkenstock di New YorkCarl Timpone/BFA.com Acara birkenstock di New York
Acaranya sendiri digelar di ruang besar, dengan langit-langit berkubah tinggi dan dekorasi serupa hutan lebat dengan tanaman pakis, lumut, hingga daun pisang.

Birkenstock X Manolo BlahnikCarl Timpone/BFA.com Birkenstock X Manolo Blahnik
Di tengah ruangan, ada tempat terbuka untuk memamerkan koleksi ikonik Birkenstock, seolah-olah di museum.

Acara Birkenstock di NYCarl Timpone/BFA.com Acara Birkenstock di NY
Lalu ada pula bengkel kurcaci Santa Klaus berisi deretan seniman tato Three
Kings Tattoo di meja kerja - di mana para undangan bisa mengkustom sepatu milik mereka dengan gaya tato.

Sedangkan untuk menonjolkan kenyamanan sandal Birkenstock, ada juga ruang yang didedikasikan untuk pijat kaki.

Di antara koleksi yang dipamerkan terlihat kolaborasi dengan Marc Jacobs dari koleksi grunge Perry Ellis 1993 miliknya; sneaker bertali milik Rick Owens; selop Jil Sander yang bergaya; Birkenstock X Manolo Blahnik berhiaskan berlian, dan selop Birkenstock X Dior buatan tangan.

Semua itu bisa dinikmati sembari menyaksikan penampilan Natalie Hart, Chanese Elifé, Oswin Benjamin, dan Nduka the Chief, serta DJ MICK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com