Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2022, 22:07 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Tokopedia menjadi platform belanja online terpercaya berdasarkan survei terhadap 1.200 pengguna di Indonesia.

Riset dilakukan di sejumlah kota besar seperti Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan selama 2-15 November lalu.

Survei bertajuk The Most Trusted E-commerce ini digelar oleh Kadence International, lembaga survei pasar Indonesia.

Baca juga: Berapa Potongan Seller Tokopedia untuk Setiap Transaksi?

Hasilnya, mayoritas responden menyebut Tokopedia sebagai platform yang paling aman (85 persen), dapat dipercaya (86 persen), serta paling memuaskan dari sisi produk serta layanan pengiriman (86 persen).

Secara keseluruhan, toko hijau ini menjadi platform e-commerce dengan indeks kepuasan pengguna tertinggi (89,68 persen), diikuti oleh Shopee (87,77 persen) dan Lazada (81,61 persen).

Diketahui pula jika pengguna lebih mengutamakan faktor keamanan, kualitas dan keaslian produk, serta pengiriman dibandingkan promo maupun harga yang ditawarkan.

Ilustrasi belanja onlineUnsplash Ilustrasi belanja online
Adhistya Febriani, Associate Research Director di Kadence International mengatakan belanja online sudah menjadi gaya hidup terkini.

"Dengan banyaknya platform e-commerce yang tersedia, konsumen mencari yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna dalam keseluruhan rantai berbelanja konsumen," jelasnya dalam jumpa media secara virtual, Kamis (09/12/2022).

"Maka dari itu, faktor-faktor seperti jaminan kualitas barang, kemudahan proses pembayaran dan pengiriman, hingga keamanan dalam bertransaksi juga menjadi unsur esensial yang dipertimbangkan oleh pengguna.”

Baca juga: 5 Tips Belanja Online di Promo 7.7 biar Kantong Nggak Jebol

Survei Kadence International juga mendapati keunggulan Tokopedia dalam hal kualitas barang (85 persen), keandalan layanan pengiriman (85 persen), dan keamanan data pribadi pengguna (84 perse).

Dari sisi pembayaran, responden menilai Tokopedia dan Shopee sebagai dua platform e-commerce teratas dalam hal kemudahan pembayaran dan variasi metode.

Sebanyak dimana 88 persen responden memilih Tokopedia, dan 82 persen  memilih Shopee sedangkan Blibli berada pada posisi ketiga dengan 62 persen lalu diikuti Lazada sebesar 60 persen.

Baca juga: 4 Tips Belanja Online Tanpa Takut Tertipu Barang Palsu

Pengguna juga terbukti mempertimbangkan ulasan produk sebelum berbelanja online di e-commerce tersebut.

Kali ini, Shopee dianggap sebagai platform yang paling banyak memiliki ulasan pembeli sebanyak 86 persen, diikuti Tokopedia (76 persen) dan Lazada (52 persen).

Promo dan brand ambassador tidak berpengaruh banyak

Boyband BTS (dari kiri) J-Hope, Suga, V, Jungkook, RM, Jimin, dan Jin.Big Hit Music Boyband BTS (dari kiri) J-Hope, Suga, V, Jungkook, RM, Jimin, dan Jin.
Survei dari Kadence International juga menemukan jika promo yang ditawarkan tidak menjadi faktor utama pengguna saat memiliki platform belanja online.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com