Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/12/2022, 05:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber She Finds

KOMPAS.com - Olahraga atau latihan secara rutin memiliki banyak dampak positif bagi tubuh.

Bahkan, menurut seorang pelatih pribadi dan pendiri Mind In Muscle Coaching di Los Angeles, Keith Hodges, beberapa latihan tidak hanya mampu membakar lemak, namun juga secara efektif dapat memperkuat otot-otot.

"Selama kita konsisten untuk tetap aktif dan memiliki gaya hidup yang sehat, maka kita bisa menurunkan berat badan sekaligus mebentuk otot tubuh," kata dia.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak lima latihan untuk memperkuat otot yang mudah dilakukan di rumah tanpa peralatan apa pun, seperti yang dilansir dari laman She Finds berikut ini.

Baca juga: 5 Olahraga yang Bikin Tubuh Tetap Sehat dan Bugar di Usia 40, Ada Push Up

1. Plank

Jika kita ingin memperkuat otot inti, plank adalah salah satu latihan terbaik yang bisa kita lakukan di rumah.

Latihan ini berfokus pada beberapa bagian tubuh, termasuk perut, tulang belakang, dan punggung atas.

Ketika kita menargetkan titik-titik ini, kemungkinan besar kita bisa memperbaiki postur tubuh, yang pada akhirnya akan mengurangi rasa sakit dan nyeri di punggung.

2. Push up

Menurut pelatih pribadi dan pakar kesehatan di Maple Holistics, Caleb Backe, push up sangat luar biasa dan melatih setiap bagian tubuh, yang membantu mengencangkan semua otot.

Baca juga: 5 Latihan untuk Penuaan yang Lebih Sehat, Salah Satunya Push Up

"Melakukan hanya tiga set 12 push up selama 3-4 kali seminggu dapat membantu membentuk otot dalam beberapa minggu," terangnya.

"Jika kita merasa sulit pada awalnya untuk melakukan push up secara penuh, cobalah melakukan push up yang dimodifikasi, dengan menggunakan lutut untuk menstabilkan tubuh dan mendorongnya ke atas," tambah dia.

3. Burpee

Burpeesblanaru Burpees

Latihan ini bisa memperkuat otot dan mengencangkan seluruh tubuh.

"Untuk melakukannya, mulailah dengan berdiri tegak dan tangan diletakkan di pinggul," kata ahli diet dan pelatih pribadi, Reda Elmardi.

"Lalu, jongkok ke bawah sampai paha sejajar dengan tanah, jaga agar lutut tetap berada di atas jari-jari kaki (ini benar-benar akan membawa intensitas ke area paha dan otot bokong )," sambung dia.

Selanjutnya, lompati kaki ke depan dan sentuh lantai di belakang sambil melompat ke atas dan mendorong kaki kiri untuk berdiri kembali.

Halaman:
Sumber She Finds


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com