Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Jenis Sayuran yang Dapat Mengecilkan Perut, Apa Saja?

Kompas.com - Diperbarui 13/12/2022, 05:38 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak diragukan lagi jika mengonsumsi berbagai macam sayuran bisa membantu kita menurunkan berat badan atau menghilangkan lemak perut.

Apalagi, sayuran adalah makanan kaya nutrisi seperti serat maupun protein, yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh untuk proses membakar kalori.

Nah, para ahli diet pun merekomendasikan beberapa sayuran yang tidak hanya menyehatkan, tetapi juga bisa membantu mengecilkan perut sebagai berikut.

1. Bit

Bit adalah salah satu makanan untuk menurunkan darah tinggi untuk jangka pendek dan panjang. Untuk mendapatkan manfaatnya, kita bisa mengonsumsi bit dalam bentuk jus.PIXABAY/TRACY LUNDGREN Bit adalah salah satu makanan untuk menurunkan darah tinggi untuk jangka pendek dan panjang. Untuk mendapatkan manfaatnya, kita bisa mengonsumsi bit dalam bentuk jus.
Bit merupakan sayuran akar yang mengandung nutrisi untuk membantu mengelola berat badan di sekitar area perut, serta meningkatkan pencernaan.

Selain itu, bit juga mengandung serat yang tinggi, yakni sekitar 3,8 gram per cangkir.

Dengan mengonsumsi serat yang cukup setiap kali makan atau ngemil, ini dapat membantu mencegah perut kembung, mengurangi nafsu makan, dan meningkatkan perasaan kenyang.

Serat juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mikrobioma usus, sesuatu yang sangat penting dalam mempertahankan atau menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Baca juga: Jus Buah Bit Membantu Penuaan dengan Lebih Sehat

2. Kale

Ilustrasi kale Ilustrasi kale
Kale adalah sayuran berdaun hijau yang dikemas penuh nutrisi.

Sayuran ini diketahui mengandung vitamin A, K, C, dan B6, serta mangan, tembaga, dan potasium.

Kita juga bisa mendapatkan serat dan protein, hanya dengan sekitar 43 kalori per 100 gram.

Meskipun tidak ada satu makanan pun yang benar-benar dapat membakar lemak perut, namun mengganti makanan manis dan olahan dengan sayuran berserat tinggi seperti kale dapat mengurangi asupan kalori dan meningkatkan asupan nutrisi yang lebih bermanfaat.

Baca juga: Kale vs Bayam, Mana yang Paling Baik Untuk Kesehatan Jantung?

3. Bayam

Bayam mengandung vitamin yang larut dalam lemakfreepik/racool-studio Bayam mengandung vitamin yang larut dalam lemak
Bayam juga penuh dengan nutrisi dan bagus untuk dijadikan salad, ditumis, atau dimasukkan ke dalam smoothie kaya protein.

Bahkan, menambahkan lebih banyak bayam ke dalam diet kita sehari-hari terbukti dapat membantu menghilangkan lemak perut.

"Sayuran berdaun hijau tidak hanya super bergizi, tetapi juga membantu kita mengecilkan lemak perut," kata ahli diet dan penulis di Go Wellness, Courtney D'Angelo, MS, RD.

"Bayam mengandung serat yang tinggi, yang menyerap nutrisi lebih banyak dan membantu pencernaan."

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com