Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/12/2022, 20:26 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika bicara soal bahan alami yang berperan dalam membasmi jerawat, tea tree oil bisa jadi salah satunya.

Ya, tea tree oil merupakan salah satu bahan alami yang diklaim dapat membantu membasmi jerawat. Namun di saat yang sama, ada pula yang meyakini bahwa tea tree oil dapat membuat kulit kering dan iritasi.

Kendati demikian, beberapa peneliti rupanya tetap mengatakan bahwa tea tree oil merupakan salah satu bahan alami terbaik dalam mengatasi jerawat.

"Tea tree oil adalah salah satu bahan pengobatan alami tertua yang yang digunakan untuk menyembuhkan luka selama bertahun-tahun lamanya. Lalu dalam beberapa dekade terakhir, tea tree oil juga menjadi pilihan bagi mereka yang tengah menghadapi jerawat," kata Spirithoula Koukoufikis, Ahli Estetika Medis Senior di Skinfluencer London.

Selain itu, tea tree oil rupanya dapat diaplikasikan atau ditemukan dengan mudah dalam berbagai produk perawatan kulit, membuatnya makin disukai.

Baca juga: Cara Aman Pakai Tea Tree Oil dalam Rutinitas Kecantikan Menurut Dokter

Untuk mengetahui lebih dalam tentang manfaat tea tree oil bagi jerawat, simak penjelasan dari Koukoufikis yang dikutip dari Marie Clarie, berikut ini.

  • Tea tree oil mengandung anti-inflamasi

Tea tree oil diyakini dapat mengurangi kemerahan dan iritasi akibat jerawat.

Menurut Koukoufikis, tea tree oil memang diyakini mengandung bahan dengan sifat anti-inflamasi yang sangat kuat, sehingga dapat membantu meredakan iritasi.

  • Memiliki sifat anti bakteri

Manfaat tea tree oil untuk jerawat yang kedua adalah memiliki sifat anti bakteri, yang mungkin merupakan salah satu hal terpenting saat akan membeli produk anti jerawat.

“Tea tree memiliki sifat anti bakteri yang dapat membantu mengurangi bakteri penyebab jerawat di kulit," ujar Koukoufikis.

Menariknya, tea tree oil tidak menyebabkan iritasi, tidak seperti bahan produk perawatan kulit lainnya yang dapat menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

  • Memiliki antioksidan

Meski tidak banyak diketahui orang-orang, sebenarnya tea tree oil memiliki sifat antioksidan sehingga dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel dan mempercepat tanda-tanda penuaan kulit.

  • Mudah diaplikasikan

Hal paling menarik tentang tea tree oil adalah mudah diaplikasikan.

Sebab tidak seperti benzoil peroksida yang akan mengotori semua hal yang dikenainya, tea tree oil visa dikombinasikan ke dalam produk perawatan kulit yang mengandung exfoliant seperti asam glikolat atau salisilat.

Baca juga: Selain Melawan Jerawat, Apa Saja Manfaat Tea Tree Oil?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com