Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Membangun Rasa Percaya Diri Anak

Kompas.com - 15/12/2022, 12:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Inge Shafa Sekarningrum dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Kepercayaan diri merupakan hal yang penting untuk dimiliki setiap anak. Memiliki rasa percaya diri juga akan menjadi bekal di masa depan untuk anak dan baik untuk kesehatan mentalnya.

Kepercayaan terhadap dirinya sendiri dapat mempengaruhi bagaimana anak bertindak dan berbicara. Orangtua memiliki peran penting dalam membesarkan anak yang penuh percaya diri. Sebab orang tua merupakan sekolah pertama dalam kehidupan anak.

Nafisa Alif Amalia, M.Psi, seorang Psikolog, menjelaskan pentingnya kepercayaan diri pada anak dalam siniar Obrolan Meja Makan episode “Membesarkan Anak yang Percaya Diri” yang dapat diakses melalui dik.si/OMMPercayaDiri.

Anak-anak yang kurang percaya diri kritis terhadap diri sendiri dan keras pada diri mereka sendiri, merasa mereka tidak sebaik anak-anak lain, hingga ragu mereka dapat melakukan hal-hal dengan baik.

Mengapa Kepercayaan Diri Penting

Melansir dari Kids Health, anak-anak yang merasa nyaman dengan dirinya sendiri memiliki kepercayaan diri untuk mencoba hal-hal baru. Mereka lebih cenderung mencoba yang terbaik.

Mereka akan merasa bangga dengan apa yang bisa mereka lakukan. Percaya diri membantu anak-anak mengatasi kesalahan. Dapat membantu anak-anak untuk mencoba lagi, bahkan jika mereka gagal pada awalnya.

Akibatnya, percaya diri membantu anak-anak menjadi lebih baik di sekolah, di rumah, dan dengan teman-teman.

Baca juga: 5 Cara Menjelaskan Disabilitas pada Anak

Anak-anak dengan harga diri rendah merasa tidak yakin pada diri mereka sendiri. Jika mereka berpikir orang lain tidak akan menerima mereka, mereka mungkin tidak akan bergabung dengan teman lain atau kelompok lain.

Mereka mungkin membiarkan orang lain memperlakukan mereka dengan buruk.

Mereka mungkin kesulitan membela diri. Mereka mungkin menyerah dengan mudah, atau tidak mencoba sama sekali. Anak-anak dengan harga diri rendah merasa sulit untuk mengatasi ketika mereka melakukan kesalahan, kalah, atau gagal.

Akibatnya, mereka mungkin tidak melakukan sebaik yang mereka bisa.

Membangun Rasa Percaya Diri Anak

Setiap anak tentunya berbeda. Rasa percaya diri mungkin lebih mudah bagi beberapa anak daripada yang lain. Namun, orangtua bisa turut andil dalam membangun rasa percaya diri anak.

Berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan orangtua untuk membantu anak-anak merasa nyaman dengan diri mereka sendiri:

Bantu anak belajar melakukan sesuatu

Di setiap usia, ada hal-hal baru untuk dipelajari anak-anak. Bahkan selama masa bayi, belajar memegang cangkir atau mengambil langkah pertama akan memicu rasa penguasaan dan kegembiraan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com