Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mengatasi Gangguan Kecemasan Saat Musim Liburan

Kompas.com - 20/12/2022, 10:27 WIB
Anya Dellanita,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Musim liburan Natal dan tahun baru seharusnya menjadi momen membahagiakan untuk dirayakan bersama teman dan keluarga.

Namun, tak sedikit pula yang merasa bahwa musim liburan Natal dan tahun baru justru mendatangkan rasa kecemasan dan stres, terutama bagi mereka yang memiliki generalized anxiety disorder (GAD).

Baca juga: 9 Pertanda Gangguan Eco Anxiety, Kenali Gejalanya

Dikutip dari Very Well Mind, generalized anxiety disorder bisa diartikan sebagai perasaan khawatir dan cemas berlebihan, yang tidak akan dialami oleh orang lain.

Misalnya, meski wajar untuk merasa cemas saat bepergian jauh di saat berlibur, jika kita menjadi khawatir berlebihan atau sulit tidur berhari-hari karenanya, kemungkinan GAD-lah yang jadi penyebabnya.

GAD pun bisa menyebabkan masalah lebih besar saat liburan jika ekspetasi yang diharapan tidak sesuai dengan kenyataan, yang dapat berujung dengan merasa depresi atau kecemasan berlebih.

Jadi, langkah pertama untuk mengatasi kecemasan saat liburan adalah dengan mengatakan pada diri sendiri bahwa kita tidak memiliki ekspetasi apa pun.

Selain itu, ada delapan tips untuk mengatasi kecemasan saat liburan meski memiliki GAD. Berikut tipsnya.

  • Buat semuanya sederhana

Pertama, ingatlah bahwa momen liburan bukan berarti kita harus memasak makanan mewah untuk para tamu atau memberi hadiah mahal.

Baca juga: Apa Itu Gerd-Anxiety dan Bagaimana Mengobatinya?

Kita hanya perlu membuat semuanya terasa sederhana, seperti memasak seadanya atau memberi kartu ucapan sederhana bagi teman dan kerabat.

Intinya, buat diri nyaman dan menetapkan mindset bahwa kita tidak perlu melakukan semua hal yang identik dengan liburan.

  • Prioritaskan kesehatan

Meski terkadang musim liburan membuat kita lupa menjaga kesehatan, ingatlah bahwa menjaga kesehatan diri sendiri dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan wellbeing.

Jadi, pastikan untuk makan makanan sehat, berolahraga, tidur yang cukup, dan kurangi meminum alkohol yang dapat memperparah gejala kecemasan.

  • Buat jadwal untuk “khawatir”

Kita juga bisa lho menyisihkan waktu untuk khawatir dan cemas akan sesuatu.

Caranya, tulis apa saja yang kita khawatirkan selama seharian penuh, dan sisihkan waktu tertentu untuk mengatasinya.

Jika memiliki solusi, tulis juga solusi tersebut.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com