Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 22/12/2022, 14:25 WIB

KOMPAS.com - Garam dan lada hitam menjadi dua bumbu yang paling sering digunakan untuk menambahkan rasa pada makanan agar tidak hambar.

Tetapi, banyak mengonsumsi garam ternyata tidak baik bagi kesehatan karena dapat menyebabkan sejumlah penyakit seperti hipertensi, sakit jantung, hingga gangguan pada fungsi ginjal.

Di sisi lain, lada hitam ternyata tidak terlalu berdampak negatif pada kesehatan, seperti yang ditimbulkan oleh garam.

Baca juga: Menyingkap Dampak Buruk Garam bagi Tubuh

Dilansir dari laman Cleveland Clinic, ahli diet, Gillian Culbertson, RD, pun menjelaskan beberapa penelitian tentang lada hitam, nutrisi dan manfaat kesehatannya, hingga kemungkinannya menggantikan garam sebagai berikut.

Nutrisi dan manfaat kesehatan lada hitam

Meskipun belum ada penelitian ekstensif tentang lada hitam, penelitian yang telah dilakukan menunjukkan sejumlah manfaat kesehatannya, termasuk:

  • Memiliki antioksidan yang tinggi

Piperin alkaloid adalah senyawa kunci lada hitam dalam hal manfaat kesehatan ini, termasuk memberikan sifat antioksidan.

Menurut Healthline, sebuah studi menunjukkan bahwa diet tinggi antioksidan dapat membantu mencegah atau menunda efek merusak dari radikal bebas.

Studi tabung reaksi dan hewan pengerat telah mengamati bahwa lada hitam bubuk dan suplemen piperin dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas.

Baca juga: 3 Manfaat Lada Hitam bagi Kesehatan Tubuh

Misalnya, tikus yang diberi diet tinggi lemak ditambah lada hitam atau ekstrak lada hitam pekat memiliki penanda kerusakan radikal bebas yang jauh lebih sedikit dalam sel setelah 10 minggu dibandingkan dengan tikus yang diberi diet tinggi lemak saja.

"Studi piperin pada tikus telah menunjukkan sifat-sifat ini ada," kata Culbertson, meskipun dia mencatat bukti pada pasien manusia sejauh ini masih kurang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke