Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

5 Cara Mendapatkan Inspirasi

Kompas.com - 27/12/2022, 18:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Inge Shafa Sekarningrum dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Apa pun media kreativitas kamu, setidaknya kadang-kadang kamu harus mencari inspirasi untuk tumbuh sebagai seorang seniman atau kreator.

Inspirasi membantu kita menghasilkan ide-ide baru dan membuat kita bersemangat untuk bangun dari tempat tidur di pagi hari dan mulai bekerja.

Seorang psikolog mendefinisikan inspirasi sebagai motivasi dari sumber eksternal yang menyebabkan seseorang memiliki ide dan/atau menghasilkan sesuatu secara kreatif.

Dalam istilah yang lebih sederhana, seseorang dapat melihat atau mengalami sesuatu, bisa berupa pohon atau karya orang lain, yang pada akhirnya menyebabkan kamu menciptakan sesuatu.

Begitu juga yang dilakukan oleh Singgih Susilo dalam siniar Beginu episode “Singgih Susilo, Gali Inspirasi dari Desa” yang dapat diakses melalui dik.si/BeginuSinggihP1.

Ia bercerita bahwa desa adalah tempatnya untuk mendapatkan inspirasi. Lewat sentuhan magisnya, Singgih Susilo berhasil menciptakan beberapa karya yang indah dan bermanfaat bagi sekitarnya.

Hal tersebut menunjukkan bahwa inspirasi menjadi salah satu hal yang penting sebelum seseorang mulai berkarya. Namun, bagaimana jika kamu sedang susah mencari atau mendapat inspirasi?

Baca juga: Duck Syndrome: Terlihat Tenang Padahal Tertekan

Merangkum dari SkillShare, kamu bisa melakukan beberapa hal ini agar mendapat inspirasi.

1. Perbaiki Rutinitas

Bahkan sesuatu yang akrab seperti kota yang pernah kamu tinggali untuk sementara waktu juga memiliki inspirasi untuk ditawarkan jika kamu bisa menjelajahinya dengan cara yang baru.

Kamu bisa datang ke restoran, ke museum, atau tempat-tempat ramai lainnya dan memperhatikan lingkungan. Jika kamu bisa melihat suatu hal dari sudut atau mata yang berbeda, inspirasi akan datang kepadamu.

2. Wisata Alam 

Berada di alam baik untuk kamu, dan menggerakkan tubuh adalah cara yang bagus untuk membangkitkan ide-ide baru.

Jika kamu bingung dengan pertanyaan kreatif tertentu selama beberapa waktu, terkadang jawaban akan muncul secara alami saat kamu melakukan sesuatu yang tidak berhubungan, seperti berjalan kaki atau mendaki.

Kamu juga bisa mencari tempat yang sejuk di sekitar.

3. Luangkan Waktu Beristirahat

Meskipun mudah untuk melupakannya, istirahat adalah bagian penting dari siklus artistik. Kita tidak bisa selalu berkreasi; kita juga harus meluangkan waktu untuk mengisi ulang dan membiarkan segala sesuatunya ‘membara’ sehingga ide-ide baru dapat muncul.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com