BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Axis

Burnout? Yuk Healing di Dunia Maya lewat Aktivitas Berikut

Kompas.com - 04/01/2023, 09:06 WIB
Siti Sahana Aqesya,
Hotria Mariana

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pernahkah kamu merasa sulit berkonsentrasi dan kehilangan semangat bekerja? Jika pernah, hal itu bisa jadi merupakan pertanda bahwa kamu sedang merasa kelelahan mental atau burnout. Apabila dibiarkan terus-menerus, kelelahan mental bisa mengganggu produktivitas bekerja.

Untuk mengatasi burnout, kamu bisa melakukan healing. Diberitakan Kompas.com, Rabu (20/7/2022), psikolog Hayinah Ipmawati, MPsi mengatakan bahwa healing adalah proses menyembuhkan diri, baik mental maupun fisik.

Hayinah menambahkan, beragam aktivitas dapat dilakukan untuk healing. Hal terpenting adalah aktivitas tersebut dapat membantu menyembuhkan diri akibat burnout.

Dengan kata lain, lanjutnya, healing tak harus mengeluarkan banyak biaya, apalagi berlibur ke tempat yang jauh atau berbelanja barang mewah. Bahkan, aktivitas kecil bisa menjadi healing terbaik dari burnout.

Berikut adalah lima kegiatan healing yang dapat dilakukan di rumah hanya dengan mengakses internet.

1. Streaming film

Menonton film merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk healing. Pasalnya, kegiatan ini bisa membuatmu larut dalam alur cerita sehingga membuat perasaan lebih rileks.

Dengan menonton film, otak juga dapat melepas senyawa kimia, seperti dopamin, serotonin, glutamat, dan adrenalin. Hormon-hormon ini dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan kebahagiaan, serta meningkatkan konsentrasi.

Untuk healing, pilihlah film yang sesuai dengan suasana hati untuk ditonton. Kamu bisa streaming film secara online di aplikasi video-on-demand, seperti Netflix, Disney+ Hotstar, WeTV, Vidio, Viu, dan Amazon Prime. Kamu juga bisa menonton film pendek di YouTube.

2. Bermain gim

Jika dilakukan secara bijak, bermain gim dapat mendatang manfaat positif. Diberitakan Kompas.com, Rabu (8/12/2021), bermain gim bisa mendatangkan lima manfaat, yakni meningkatkan kapasitas memori, menghilangkan rasa sakit, membantu mengatasi trauma, serta meningkatkan kemampuan kognisi.

Untuk mengatasi burnout, kamu dapat memilih mobile game sesuai preferensi. Di PlayStore dan AppStore, tersedia banyak gim yang bisa dipilih, mulai dari gim olahraga, petualangan, strategi, hingga gim ringan yang tidak membutuhkan keahlian dan kepintaran khusus.

3. Upgrade skill lewat kursus online

Healing bisa pula dilakukan dengan menimba ilmu baru. Kamu bisa ikut kursus online di sejumlah situs web atau aplikasi. Selain skill, dengan mengikuti kegiatan ini, kamu bisa menambah pertemanan serta pengalaman baru.

Sejumlah kursus online yang dapat menjadi wadah untuk upgrade skill adalah Coursera, Skill Academy, Udemy, Qubisa, dan LinkedIn Learning. Apabila ingin upgrade kemampuan bahasa, kamu bisa mengunduh aplikasi DuoLingo.

Jika ingin menambah keahlian kerajinan tangan, kamu bisa menonton video tutorial crafting di YouTube.

4. Baca buku elektronik

Bagi kamu yang memiliki hobi membaca, tapi tidak sempat ke toko buku, buku elektronik atau e-book dapat jadi alternatif. Saat ini, e-book bisa dengan mudah diakses melalui smartphone.

Kamu bisa meminjam e-book di aplikasi iPusnas. Selain itu, kamu bisa pula membeli e-book di Google Play Books dan Gramedia Digital. Ketiga aplikasi tersebut memiliki koleksi buku melimpah, mulai dari biografi, sejarah, fiksi, hingga sains.

Bagi kamu yang menyukai fiksi, platform Wattpad, Fizzo Novel, Storial.co, dan Gramedia Writing Project (GWP) juga menyediakan beragam bacaan. Meski belum dibukukan, karya-karya fiksi di platform tersebut juga tak kalah menarik. Bahkan, banyak penerbit mencari karya fiksi di platform itu untuk diterbitkan menjadi buku.

5. Workout dengan instruktur online

Kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk healing adalah workout atau berolahraga. Dengan berolahraga, tubuh dan pikiran bisa menjadi segar, bugar, dan ringan.

Kamu bisa berolahraga di rumah dengan mengikuti instruktur online yang banyak tersedia di YouTube. Pilihannya pun beragam, seperti senam aerobik, zumba, dan olahraga kardio.

Selain melalui instruktur online di YouTube, kamu juga bisa berolahraga dengan panduan aplikasi, seperti 30 Days Fitness Challenge, Freeletics, dan 7 Minutes Workout.

Pilihlah olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan tubuhmu. Jangan memaksakan diri dengan berolahraga terlalu berat karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Itulah lima rekomendasi healing yang bisa kamu akses dengan mudah lewat internet di rumah saja. Agar healing di dunia maya bisa berlangsung terus-menerus tanpa putus, kamu bisa menggunakan AXIS Warnet Unlimited untuk menunjang kuota internet di ponselmu.

Paket Warnet Unlimited dari AXIS memberikan kamu kebebasan untuk internetan secara unlimited selama 24 jam nonstop.

Kamu juga bisa mengaktifkan paket tersebut sesuai keinginan. Karena berlaku selama 24 jam, jika diaktifkan pada pukul jam 10 pagi, paket akan berhenti di jam yang sama pada keesokan hari.

Hanya mulai dari Rp 3.999, kamu sudah bisa mendapatkan internet unlimited #NonStopAntiNgedrop untuk menghilangkan burnout.

Yuk, segarkan pikiran dari burnout dengan healing di internet bersama AXIS Warnet Unlimited yang #NonstopAntingedrop.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com