Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Masakan Bisa Disimpan di Luar Lemari Es?

Kompas.com - 06/01/2023, 05:37 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah menyiapkan atau memasak berbagai hidangan bagi para tamu yang datang ke rumah, biasanya kita akan tergoda untuk membiarkan makanan tetap berada di luar tanpa memasukannya ke lemari es. Atau terkadang, kita hanya sekadar lupa memasukkannya.

Terlepas dari situasinya, penting bagi kita untuk mencegah makanan terlalu lama berada di luar karena masakan bisa basi atau busuk.

Namun, sebenarnya berapa lama kita bisa meninggalkan makanan di luar begitu saja?

Baca juga: Cara Menyimpan Makanan agar Tak Mudah Basi

Untuk mengetahuinya, simak bagaimana cara menentukan seberapa lama kita bisa meninggalkan masakan di luar lemari es yang dikutip dari Martha Stewart, berikut ini.

  • Ketahui zona bahaya suhu

Menurut pendidik penyuluhan keamanan pangan di Michigan State University Extension, Ghaida Batarseh Havern, MS, langkah pertama yang harus diketahui dalam hal keamanan pangan, adalah memahami pentingnya zona bahaya suhu.

Zona bahaya suhu sendiri berarti kisaran suhu di mana bakteri berbahaya dapat tumbuh dengan cepat, berpotensi membuat makanan tidak aman untuk dimakan, yaitu sekitar empat hingga 60 derajat Celcius.

Wakil presiden ilmu, kualitas, dan keamanan pangan di perusahaan ButcherBox pun mengatakan, bakteri seperti Salmonella dan E.coli dapat tumbuh berlipat ganda hanya dalam waktu 20 menit saat masakan berada di zona bahaya suhu.

  • Aturan "dua jam"

Soal waktu, Havern mengatakan bahwa makanan yang sudah dimasak hanya bisa berada dalam zona bahaya suhu selama dua jam saja, jika lebih dari itu, makanan pun menjadi kurang aman untuk dimakan.

"Dalam waktu dua jam, makanan itu harus dikonsumsi, disimpan dengan baik, atau dibuang. Itu termasuk semua sisa masakan, sayuran dan buah yang telah dipotong, daging sapi, daging unggas, daging ikan, telur, dan produk dairy (turunan susu)," ujarnya.

Lalu jika cuaca lebih panas, Beauchamp mengatakan agar kita menyimpan makanan dalam lemari es setelah satu jam berada di luar. Pasalnya, suhu yang lebih hangat akan mempercepat pertumbuhan bakteri, sehingga meningkatkan risiko keracunan makanan.

Baca juga: Temperatur Kulkas yang Tepat untuk Menyimpan Makanan

Tips saat perlu meninggalkan makanan di luar lemari es

Jika kita membuat pesta atau undangan makan malam, tentu kita perlu membuat makanan yang telah dimasak berada di luar lemari es. Jadi untuk melakukannya, jaga agar makanan panas dengan suhu sekitar 60 derajat atau lebih tinggi tetap berada di luar zona bahaya suhu.

Caranya, dengan meletakkan makanan panas di dalam slow cooker.

"Ini akan memungkinkan Anda menyimpan makanan ini di luar ruangan lebih lama, tetapi tetap aman," kata Beauchamp.

Lalu jika tidak memiliki peralatan penahan panas seperti slow cooker, mendinginkan makanan yang dimasak dan mengeluarkannya dalam jumlah kecil.

Baca juga: Bahaya Menyimpan Makanan yang Masih Panas di Kulkas

Biarkan makanan panas menjadi dingin sebelum dimasukkan ke dalam lemari es

Makanan yang sudah dimasak memang harus selalu dimasukkan dalam lemari es. Namun, mencegah makanan panas langsung masuk ke dalam lemari es pun tak kalah penting.

Memang, mendinginkan makanan terlebih dahulu tentu akan membuat makanan berada di luar dan ada di zona bahaya lebih lama. Untuk itu, kita perlu mempercepat pendinginannya.

"Kita bisa melakukannya dengan memasukkan makanan ke beberapa wadah untuk membuat panas cepat menurun," ujar Havern.

Ia juga berpendapat bahwa memasukkan es batu ke dalam masakan atau mendinginkan wadah dengan memasukannya ke dalam air es sebelum dipindahkan ke lemari es juga bisa dilakukan.

Baca juga: Menyimpan Makanan di Kulkas, Bisa Tahan Berapa Lama?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com