Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/01/2023, 10:55 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Minum air putih yang cukup dapat membantu menghidrasi dan membuat tubuh kita lebih sehat.

Lebih dari itu, minum air putih juga memiliki manfaat yang besar seperti memperpanjang umur kita.

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal eBioMedicine, mengonsumsi air yang cukup setiap hari dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis, penuaan, hingga kematian dini.

Untuk mencapai temuan ini, tim peneliti mengumpulkan data selama 30 tahun dari 11.255 peserta dewasa kulit hitam dan putih dalam studi Atherosclerosis Risk in Communities.

Dari sana, mereka menemukan bahwa orang dewasa dengan kadar serum natrium hingga 146 mEq/L (tinggi), lebih mungkin mengalami penurunan kesehatan daripada mereka yang memiliki kadar natrium lebih rendah.

Tim juga menemukan bahwa orang-orang yang memiliki lebih dari 142 mEq/L natrium dalam tubuh mereka, memiliki kemungkinan 10-15 persen lebih banyak mengalami penuaan dini dibandingkan dengan mereka memiliki antara 138-140 mEq/L kisaran natrium.

Sementara itu, orang dengan natrium di atas 144 mEq/L memiliki kemungkinan 50 persen lebih tinggi untuk mengalami penuaan dini dan 21 persen peningkatan risiko kematian dini.

Mereka yang menua paling cepat juga memiliki risiko lebih tinggi mengalami penyakit kronis seperti demensia, diabetes, dan gagal jantung.

Baca juga: Minum Air Hangat di Pagi Hari Bisa Bantu Hilangkan Perut Buncit?

Pentingnya menghidrasi tubuh dengan baik

"Hasil dari studi tersebut menggambarkan bagaimana hidrasi yang tepat dapat membantu memperlambat proses penuaan dan memungkinkan kehidupan yang bebas penyakit."

Demikian penuturan Natalia Dmitrieva, penulis studi dan peneliti di Laboratorium Pengobatan Regeneratif Kardiovaskular di National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI), di Maryland, AS, seperti dikutip dari Martha Stewart.

Menurut Dmitrieva, penurunan kadar air tubuh adalah faktor paling umum yang meningkatkan serum natrium.

"Itulah sebabnya hasil studi menunjukkan bahwa tetap terhidrasi dengan baik dapat memperlambat proses penuaan dan mencegah atau menunda penyakit kronis," katanya.

Ada pun seperti yang dianjurkan oleh National Academy of Medicine bahwa wanita harus minum sekitar 2 liter air setiap hari dan pria harus minum sekitar 3 liter air setiap hari, atau masing-masing sekitar 9-12,5 cangkir per hari.

Rekan penulis studi dan direktur Laboratory of Cardiovascular Regenerative Medicine, Manfred Boehm, MD, pun merekomendasikan agar bisa berkonsultasi dengan dokter untuk penilaian lebih lanjut tentang rutinitas hidrasi sehari-hari.

"Tujuannya adalah untuk memastikan pasien mengonsumsi cukup cairan, sambil menilai faktor-faktor lain, seperti obat-obatan, yang dapat menyebabkan kehilangan cairan," terang Boehm.

"Dokter mungkin juga perlu mengacu pada rencana perawatan pasien saat ini, seperti membatasi asupan cairan untuk gagal jantung," jelas dia.

Baca juga: Benarkah Rutin Minum Air Putih Dapat Menghidrasi Kulit? Ini Faktanya..

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com