Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan Berprotein Tinggi yang Bisa Bikin Wajah Glowing Menurut Pakar

Kompas.com - 06/01/2023, 17:26 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber She Finds

KOMPAS.com - Hidrasi yang cukup, menggunakan pelembap, dan membersihkan wajah merupakan rutinitas penting untuk merawat kulit wajah agar lebih sehat, serta glowing.

Tak hanya itu, mengonsumsi makanan berprotein tinggi juga mampu membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit wajah tampak awet muda.

Sejumlah pakar kesehatan dan nutrisi pun mempelajari lebih lanjut bagaimana makanan dengan kandungan protein yang tinggi sangat bermanfaat untuk mendorong produksi kolagen dan membuat kulit wajah glowing.

Dilansir dari laman She Finds, mereka membagikan sejumlah makanan tinggi protein serbaguna yang tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, tetapi juga membuat kulit wajah glowing dan awet muda.

Lentil dan legum

Lentil, tanaman yang dikenal dengan bijinya yang berbentuk lensa, diklasifikasikan sebagai polong-polongan, yaitu tanaman yang menghasilkan polong yang mengandung biji.

Ini tentu saja dapat menjadi menu makan malam yang sehat.

Mengenai manfaatnya bagi kulit, lentil dan legum secara khusus dapat menawarkan asupan protein, karbohidrat kompleks, dan serat, yang semuanya merupakan vitamin penambah kolagen yang penting.

Makanan berprotein tinggi ini juga dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak hyaluronic acid, yang merupakan zat kuat dalam perawatan kulit anti-penuaan.

"Lentil adalah pilihan protein yang bagus untuk disertakan saat makan malam karena kaya akan magnesium, yang bekerja sama dengan vitamin C untuk meningkatkan produksi kolagen dan membantu kulit tetap tangguh."

Demikian penuturan ahli diet terdaftar, Elysia Cartlidge.

Menurut Cartlidge, makanan ini juga sumber zinc yang dapat membantu menjaga elastisitas kulit, serta mencegah kulit keriput dan kendur.

"Lentil mengandung sekitar 18 gram protein per cangkir yang menjadikannya sumber zat besi yang baik," kata ahli diet terdaftar di Michigan, AS, Meghan Pendleton.

"Ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan mencegah anemia, serta dapat membuat kulit lebih glowing," sambung dia.

Senada dengan hal itu, pakar kesehatan dan perawatan kulit, Cheryl Rosen mengungkapkan bahwa lentil dan legum dapat menjadi sumber protein tinggi yang penting untuk kulit glowing karena membantu membangun kembali dan mempertahankan kadar kolagen.

Sebab, kolagen bertanggung jawab menjaga kulit elastis dan tampak awet muda, yang seiring bertambahnya usia produksinya akan melambat.

Halaman:
Sumber She Finds


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com