Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2023, 10:28 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, kita semua pasti akan menua. Tapi, kita bisa tetap tampil awet muda dengan berbagai cara, termasuk cara yang lebih alami.

Menurut dokter keluarga dari Holistic Wellness Strategies, Tomi Mitchell, banyak pilihan yang dapat sangat memengaruhi penampilan.

"Bukan rahasia lagi bagi saya, mengapa dua orang yang seumuran, satu orang terlihat jauh lebih muda daripada yang lain," katanya.

"Meskipun diet, tidur, dan olahraga selalu dipandang sebagai standar emas untuk tetap awet muda dan terlihat segar, namun ada beberapa trik lain untuk lebih membantu kita mencapainya," sambung dia.

Baca juga: 10 Daftar Makanan Sehat yang Bantu Bikin Awet Muda

Cara jitu terlihat lebih awet muda

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, Mitchell membagikan beberapa tips alami yang didukung oleh sains agar kita bisa terlihat lebih awet muda, seperti yang dilansir dari laman Eat This Not That berikut ini.

1. Jangan merokok

Mitchell mengingatkan bahwa merokok dapat menimbulkan konsekuensi serius pada tubuh dan organ tubuh seseorang.

Hal ini diketahui sebagai penyebab utama kematian dini yang dapat dicegah di banyak negara.

Nikotin yang ditemukan dalam rokok dapat melakukan lebih dari sekadar merusak paru-paru, seperti memengaruhi semua sistem tubuh, mulai dari kardiovaskular hingga reproduksi.

Baca juga: Efek Nikotin dalam Sebatang Rokok Lebih Berbahaya bagi Wanita

Selain itu, merokok juga mampu meningkatkan peluang seseorang terkena penyakit jantung, stroke, kanker, dan masalah pernapasan, serta mempercepat proses penuaan kulit dan organ tubuh.

Radikal bebas yang dilepaskan ke udara oleh rokok juga merusak penglihatan seseorang dan dapat menyebabkan kebutaan atau membuat katarak.

Lebih jauh lagi, hal ini telah dikaitkan dengan masalah seksual seperti ketidakmampuan untuk terangsang atau disfungsi ereksi.

"Kebanyakan orang tahu bahwa merokok itu buruk bagi kesehatan dan dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini," terang Mitchell.

"Sayangnya, pengetahuan ini tidak selalu cukup untuk menghalangi orang dari kebiasaan tersebut."

Ilustrasi merokok dapat menjadi faktor risiko penyebab kekurangan vitamin C.Ingram Publishing Ilustrasi merokok dapat menjadi faktor risiko penyebab kekurangan vitamin C.

"Saya merasa sulit untuk memikirkan perokok mana pun yang telah melakukannya untuk waktu yang lama tanpa menunjukkan beberapa bentuk penuaan dini," ujar dia.

Kenyataannya adalah bahwa merokok membawa berbagai efek buruk pada kulit, berkontribusi pada garis-garis halus dan keriput, serta hilangnya cahaya muda secara keseluruhan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com