Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/01/2023, 13:31 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa hari belakangan, media dibanjiri dengan berbagai pengakuan sensasional Pangeran Harry soal kehidupan pribadinya.

Dalam memoarnya, anak bungsu Putri Diana itu buka-bukaan soal urusan internal keluarganya termasuk skandal dan dosa masa lalunya.

Ia juga mengurai perlakuan tidak adil terhadap Meghan Markle sehingga memilih pindah ke Amerika Serikat.

Beberapa tudingannya jelas menyudutkan Raja Charles, Pangeran William, dan Kate Middleton yang merupakan kerabat terdekatnya.

Baca juga: 8 Pengakuan Sensasional Pangeran Harry di Memoar Terbaru

Terlepas rentetan pengakuan yang mempermalukan keluarganya sendiri, Pangeran Harry rupanya tidak memiliki niatan menanggalkan gelar kerajaannya.

Dalam wawancara terbarunya, ia menegaskan tak akan melepaskan gelar bangsawan yang dimilikinya, sebagai pangeran maupun bersama Meghan Markle sebagai Duke dan Duchess of Sussex.

Gelar tersebut sebelumnya diberikan oleh mendiang Ratu Elizabeth setelah pernikahan mereka pada 2018 lalu, dengan berbagai privilege dan keistimewaannya.

“Mengapa tidak melepaskan gelar Anda sebagai Duke dan Duchess?” presenter Anderson Cooper bertanya kepadanya, dalam wawancara "Spare".

"Apa bedanya" jawab Harry, dikutip dari Cosmopolitan.

Baca juga: Pangeran Harry Ungkap Alasan Buka Rahasia Keluarga Kerajaan Inggris

Ia menyatakan hal tersebut dengan mendengus, seakan menepis tudingan publik yang menganggapnya memanfaatkan gelar kerajaan demi uang.

Keluarga Kerajaan Inggris di balkon Istana Buckingham untuk menonton peragaan pesawat oleh Royal Air Force, di London pada 8 Juni 2019.AFP PHOTO/DANIEL LEAL Keluarga Kerajaan Inggris di balkon Istana Buckingham untuk menonton peragaan pesawat oleh Royal Air Force, di London pada 8 Juni 2019.

Sejumlah pihak memang menganggapnya memanfaatkan gelar kerajaan untuk mendapatkan keuntungan hingga jutaan dollar AS dari berbagai wawancara, serial dokumenter Netflix dan otobiografi.

Meski keduanya sempat mengaku ingin hidup jauh dari sorotan publik, faktanya mereka lebih banyak mencari popularitas dengan kisah hidupnya yang kontroversial.

Baca juga: Dikritik Umbar Kehidupan Pribadi demi Uang, Ini Pembelaan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Jajak pendapat yang dilakukan beberapa waktu lalu di Inggris juga menyatakan jika publik ingin pasangan tersebut menanggalkan gelar kerajaannya.

Terlebih lagi, adik Pangeran William itu kerap menyatakan tidak akan pernah kembali ke Inggris atau hidup sebagai bangsawan aktif.

Tuntutan tersebut semakin tinggi ketika Pangeran Harry dan Meghan Markle mencoreng kehormatan Kerajaan Inggris.

Sempat muncul petisi dari masyarakat Sussex yang menuntut keduanya untuk melepaskan gelar wilayah tersebut karena dianggap memalukan.

Baca juga: Disebut Tak Penuhi Standar Hollywood, Berapa Kekayaan Pangeran Harry dan Meghan Markle?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com