Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2023, 05:41 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

KOMPAS.com - Hidup bersama dengan kucing terkadang membuat kita merasa selalu diawasi.

Pasalnya, kucing sering menatap kita dengan mata bulatnya, mulai dari saat kita akan tidur, memasak makan malam, bekerja, hingga saat ke toilet.

Nah pertanyaannya, mengapa kucing sering menatap kita? Apakah kucing melakukannya karena menyayangi kita, atau justru sebaliknya?

Dikutip dari Daily Paws, rupanya ada dua jenis tatapan kucing, yaitu "tatapan lembut," dan "tatapan intens," yang memiliki makna berbeda.

Baca juga: Kucing Menatap Tak Berkedip, Apa Artinya?

Untuk mengetahuinya lebih jelas, simak dua alasan mengapa kucing menatap kita menurut konsultan perilaku kucing bersertifikat dari Pawsitive Vibes, Laura Cassiday, MS, CCBC, ABCCT, berikut ini.

Menginginkan sesuatu

Jika kucing menatap kita dengan ekor ke atas dan telinga menghadap ke depan, kucing berada dalam keadaan yang santai, dan kemungkinan besar hanya menginginkan sesuatu dari kita.

Mungkin, kucing mencoba mengingatkan kita bahwa mangkuk makanannya hampir kosong, atau mungkin hanya ingin dielus dan ditemani bermain.

Jadi jika kucing melakukan "tatapan lembut" ini, Cassiday berpendapat kita perlu menghadiahinya dengan memberikan apa yang diinginkannya.

Ketakutan

Meski tatapan lembut kucing bisa diatasi dengan memberikan apa yang diinginkan kucing, seperti camilan atau elusan, tatapan intens rupanya tidak begitu.

Sebab, tatapan intens bisa berarti kucing merasa takut atau terancam, dan tatapannya pun terlihat berbeda dibanding kucing yang menatap kita dengan wajah bahagia.

Lalu menurut Cassiday, kucing yang menatap kita karena ketakutan juga biasanya akan memperlihatkan periaku berikut:

  • Telinga mengarah ke belakang
  • Ekor mengelilingi tubuh atau menghadap ke bawah dan bergetar
  • Tubuh terlihat tegang
  • Pupil melebar
  • Mendesis, menggeram, atau menjilat bibirnya
  • Tidak berkedip dan terus tetap fokus pada kita

Baca juga: Kucing Diam Menatap Tembok, Melihat Hantu?

Apakah kita perlu menatap balik?

Perlu tidaknya menatap balik akan bergantung pada alasan tatapan kucing. Jika kita menyadari kucing melakukan tatapan intens, penting bagi kita untuk mencari penyebab kucing takut pada kita.

"Tetaplah tenang, dan berdiri perlahan lalu pergi menjauh jika bisa. Kucing tidak seharusnya dihukum hanya karena ingin menyampaikan sesuatu yang membuatnya tidak nyaman," ujar Cassiday.

Lalu di sisi lain, Cassiday mengatakan bahwa kucing yang menatap kita karena bahagia biasanya cukup nyaman melakukan kontak mata dengan orang lain.

Jadi jika melihat kucing menatap lembut ke arah kita, kita bisa membalasnya, apalagi jika kita membalasnya dengan kedipan perlahan, yang menurut Cassiday seperti "ciuman" bagi kucing.

Menurutnya, berkedip perlahan merupakan tanda afeksi dari kucing, yang mengindikasikan bahwa kucing cukup mempercayai kita hingga mau menutup matanya saat berada di dekat kita.

"Saya suka membalas kedipan perlahan kucing atau melakukannya terlebih dahulu saat bertemu kucing asing yang nampak gugup. Ini bisa menjadi cara untuk mengatakan kalau kita bukanlah ancaman," tutup Cassiday.

Baca juga: 5 Alasan Kucing Mendengkur, Bisa Jadi Gejala Stres

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Paws


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com