Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Kompas.com - 12/01/2023, 11:43 WIB
Anya Dellanita,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Sejak dulu, kunyit sebenarnya sudah dikenal sebagai salah satu tanaman rempah yang sering dimanfaatkan sebagai obat atau kosmetik alami.

Karena itu, tak mengherankan jika saat ini banyak produk kecantikan kulit dan suplemen yang memanfaatkan rempah yang masih berkerabat dengan jahe ini.

Kunyit mendapatkan manfaat itu dari kurkumin, sebuah komponen bioaktif kaya anti oksidan yang memiliki sifat anti radang.

Hingga saat ini, sejumlah penelitian modern masih terus mempelajari dampak positif kunyit, meski sebagian masyarakat sudah meyakini manfaat kunyit terkait kecantikan kulit.

Baca juga: 6 Makanan yang Bikin Lebih Sehat di Tahun 2023, Salah Satunya Kunyit

Berikut beberapa manfaat kunyit untuk kecantikan kulit tersebut.

  • Membuat kulit terlihat berkilau alami

Manfaat kunyit untuk kecantikan kulit yang pertama adalah membuat kulit terlihat berkilau alami.

Sebab kunyit mengandung antioksidan dan komponen anti-inflamasi yang memberikan cahaya dan kilau pada kulit serta menghidupkan kembali kulit dengan memancarkan cahaya alami.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kita bisa mencoba mencampur sedikit greek yogurt, madu, dan kunyit menjadi satu lalu mengoleskannya ke wajah.

Biarkan masker selama 15 menit lalu bilas dengan air.

  • Dapat mengobati luka

Kurkumin dalam kunyit juga dapat membantu menyembuhkan luka dengan mengurangi peradangan dan oksidasi yang membuat respons tubuh terhadap luka di kulit iikut turun, sehingga luka sembuh lebih cepat.

Selain itu, berbagai studi juga menemukan, kunyit dapat memengaruhi jaringan dan kolagen secara poristif, yang bepengaruh pada proses penyembuhan luka

Jurnal Life Sciences merekomendasikan pengaplikasian kurkumin sebagai formula yang dioptimalkan sehingga akan memberi hasil terbaik pada luka kulit.

  • Membantu meringankan psoriasis

Kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasi kunyit dapat membantu meringankan gejala psoriasis, sejenis penyakit yang ditandai dengan munculnya bercak kemerahan di kulit kepala.

Baca juga: Begini Manfaat Kunyit untuk Turunkan Kolesterol Secara Alami

Kita bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi suplemen kunyit atau menambahkannya langsung ke dalam makanan, meski dosisnya harus dikonsultasikan dengan dokter.

  • Membantu menghilangkan bekas jerawat

Sifat anti-inflamasi kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk membuat masker yang dapat membantu menenangkan kulit, mengurangi jerawat, serta bekas luka yang timbul akibatnya.

Halaman:
Sumber Healthline


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com