Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2023, 15:06 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Desainer New York, Thom Browne menang dalam gugatan merek dagang yang diajukan Adidas.

Juri di Pengadilan Distrik Selatan Manhattan, New York, AS membutuhkan waktu kurang dari tiga jam untuk mengeluarkan putusan yang menguntungkan Thom Browne itu.

Namun, seperti diberitakan Business Insider, Adidas bakal mengajukan banding atas putusan tersebut.

Sudah berseteru sejak 2021

Pada 2021, Adidas menggugat Thom Browne dan menuding desain rumah mode mewah itu melanggar merek dagang Adidas.

Pihak Adidas mengklaim, Thom Browne menggunakan tiga garis pada pakaian olahraga untuk meniru logo Adidas dengan cara yang cenderung menyebabkan kebingungan konsumen dan menipu publik.

Thom Browne setuju untuk menambahkan garis ke-empat guna menghindari kebingungan. Pada 2008, tanda empat garis Thom Browne memulai debut di runway.

Dalam gugatan yang diajukan, Adidas menuntut ganti rugi sebesar 867.225 dollar AS untuk biaya lisensi serta tambahan 7 juta dollar AS atas keuntungan yang dianggap diperoleh Thom Browne dari produk bermotif garis-garis.

Tanggapan Thom Browne

Di gedung pengadilan minggu lalu, pendiri Thom Browne tiba dengan mengenakan setelan celana pendek dan kaus kaki bergaris empat.

Dalam pernyataan resmi, pengacara Thom Browne, Robert Maldonado meminta agar konsumen tidak bingung dengan kedua merek tersebut. Adidas adalah merek pakaian olahraga, sedangkan Thom Browne merupakan rumah mode.

"Gagasan Thom Browne ingin memperdagangkan reputasi Adidas menyinggung dia. Dia bukanlah Adidas," sebut Maldonado, seperti dikutip WWD.

Jurubicara Thom Browne mengungkap, perusahaan senang dengan putusan itu.

"Lebih dari 20 tahun, Thom Browne menjadi kekuatan pelopor dalam mode mewah, menghadirkan estetika desain unik dan khas yang menggabungkan teknik jahit klasik dengan sensitivitas pakaian olahraga Amerika," kata jurubicara tersebut.

"Kami berharap dapat terus merancang dan menyediakan produk-produk kreatif yang menjadi ciri khas label Thom Browne."

Adidas bakal ajukan banding

Tampaknya kisruh Adidas vs Thom Browne masih belum usai. Sebab, merek perlengkapan olahraga asal Jerman itu berencana mengajukan banding.

"Kami kecewa dengan putusan tersebut dan akan terus menegakkan kekayaan intelektual kami dengan waspada, termasuk mengajukan banding yang sesuai," kata jurubicara Adidas.

Baca juga: Dituduh Jiplak Logo Tiga Garis, Thom Browne Digugat Adidas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com