Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2023, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Pola makan yang sehat tidak hanya membantu menjaga berat badan dan mencegah penyakit namun juga membuat umur lebih panjang.

Penelitian di Harvard University belum lama ini membuktikan ada empat diet yang secara khusus ampuh membuat peluang hidup kita lebih lama.

Para peneliti menganalisis data dari lebih dari 75.000 wanita dan 44.000 pria, mencari hubungan antara pola diet tertentu, kepatuhan terhadap pola tersebut, dan hasil kesehatan jangka panjang.

Baca juga: 7 Makanan di Zona Biru yang Terbukti Bikin Panjang Umur

Para peserta, yang awalnya tidak memiliki penyakit kardiovaskular atau kanker, diobservasi selama 36 tahun dengan menyelesaikan kuesioner kesehatan setiap empat tahun.

Diet yang membantu membuat umur lebih panjang

Hasilnya riset menunjukkan peserta yang mendapat skor lebih tinggi pada kepatuhan terhadap salah satu dari empat pola makan sehat memiliki kemungkinan 20 persen lebih kecil untuk meninggal selama masa studi.

Mereka juga mengalami tingkat penyakit kardiovaskular, kanker, dan penyakit pernapasan yang jauh lebih rendah daripada peserta dengan skor kepatuhan yang lebih rendah.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa peserta yang membuat pola makannya hanya 25 persen lebih sehat dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular sebesar 6-13 persen, kanker sebesar 7-18 persen, penyakit neurodegeneratif sebesar 7 persen, dan penyakit pernapasan sebanyak 35-46 persen.

Baca juga: 6 Kebiasaan yang Bisa Membuat Kita Panjang Umur

Dari riset ini, ada empat diet yang terbukti membantu kita memiliki umur lebih panjang, yakni:

Diet mediterania

Ilustrasi. Ilustrasi.
Diet mediterania, yang kerap disebut sebagai pola makan paling sehat, terdiri dari makanan antioksidan tinggi seperti buah-buahan dan sayuran.

Diet ini juga menekankan pentingnya biji-bijian, kacang-kacangan, polong-polongan, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, jamu, dan rempah-rempah.

Baca juga: Panduan Menu Harian Diet Mediterania, Diklaim Paling Sehat di Dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.