Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2023, 07:49 WIB

KOMPAS.com - Banyak anak muda bermimpi bisa pensiun dini agar bisa lebih menikmati hidupnya, bukannya sibuk bekerja setiap hari.

Namun siapa sangka keputusan tersebut bisa membahayakan kesehatan kita.

Riset yang dimuat dalam Journal of Economic Behavior & Organization menunjukkan bahwa pensiun dini dapat mempercepat penurunan kognitif pada masa dewasa akhir.

Baca juga: Persiapan untuk Pensiun Dini dengan Bahagia

"Peserta dalam program melaporkan tingkat keterlibatan sosial yang jauh lebih rendah, dengan tingkat sukarela dan interaksi sosial yang jauh lebih rendah daripada non-penerima," kata penulis utama karya ilmiah itu, Plamen Nikolov, asisten profesor ekonomi di Binghamton University, State University of New York.

"Kami menemukan bahwa peningkatan isolasi sosial sangat terkait dengan penurunan kognitif yang lebih cepat di kalangan orang tua," jelasnya.

Pensiun dini pengaruhi kesehatan otak

Penelitian dilakukan terhadap program pensiun dini yang dilakukan Pemerintah China sejak tahun 2009.

Para peneliti menganalisis program ini menggunakan survei kognitif yang disebut Survei Longitudinal Kesehatan dan Pensiun Cina (CHARLS) untuk melihat bagaimana rencana pensiun memengaruhi kinerja kognitif.

Peserta dalam program pensiun melaporkan penurunan kejadian minum alkohol secara teratur dibandingkan dengan tahun sebelumnya akan tetapi peserta melaporkan tingkat sukarela dan interaksi sosial yang lebih rendah dibandingkan dengan non-penerima.

Baca juga: Pertimbangkan Pensiun Dini, Tom Holland Ingin Fokus Berkeluarga

Terjadi pula peningkatan isolasi sosial yang sangat terkait dengan penurunan kognitif yang lebih cepat di kalangan orang tua.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa pengaruh negatif pensiun dini pada aktivitas kebugaran mental serta keterlibatan sosial melebihi manfaat perlindungan pada perilaku kesehatan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber Fox News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.