Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/01/2023, 09:18 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Masih dalam rangka kemeriahan Imlek, dua mal yang dikelola Lippo Malls yakni Cibubur Junction di Jakarta Timur dan Lippo Plaza Ekalokasari Bogor menghadirkan program wisata kuliner sejak tanggal 25 Januari hingga 5 Februari 2023.

Cibubur Junction mengambil tema Festival kuliner imlek “Bakso dan Mie” karena dua makanan ini merupakan makanan favorit masyarakat serta memiliki beragam penyajian sesuai ke khas an masing- masing daerah di seluruh Nusantara.

Ditambah lagi bakso dan mie merupakan makanan dari akar kebudayaan China yang telah berasimilasi dan menjadi salah satu makanan Indonesia yang hingga saat ini terus dinikmati.

Ragam menu kuliner aneka bakso dan mie yang dihadirkan pada kegiatan Festival Kuliner Imlek Bakso dan Mie ini diantaranya adalah Bakso Goreng Bobo, Bakso Atom, Bakso Nyuknyang Papa Med, Bakso Asgar, Mie Bandung Kejaksaan, Bakmi Ationg (Halal), Bakwan Malang Jofa, Bakso Kikil & Cuanki Mang Udin, Mie Kocok Bandung Marika, Tahu Bakso & Lumpia Semarang Bu Sri.

Ada juga Bakwan Pontianak & Choipan Goreng, Batagor Cuplis, Bakwan Sultan, Putu Piring Pienang, Cakwe Master, dan aneka cemilan gurih dan minuman segar seperti Es Sinar Garut, Es Dawet Ireng, Es Jeruk dan Alpukat Kocok, Es Tebu, dan cemilan manis lainnya.

Festival kuliner imlek ?Bakso dan Mie? di Cibubur Junction Festival kuliner imlek ?Bakso dan Mie? di Cibubur Junction
Sedangkan Lippo Plaza Ekalokasari Bogor mengangkat tema Festival Nasi Nusantara karena Nasi merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia yang utama.

Dengan kekayaan rempah yang dimiliki Indonesia, beragam hidangan nasi yang dimasak dan disajikan dengan ke-khas-an masing masing daerah di Indonesia yang memiliki cita rasa dan selera dan unik di setiap daerah.

Sajian kuliner yang dihadirkan pada kegiatan Festival Nasi Nusantara ini diantaranya adalah Nasi Goreng Babat Pandawa Semarang, Nasi Kapau Juragan, Nasi Jamblang & Empal Gentong Ibu Sumiasih, Nasi Tutug Onjom Djakarta, Nasi Bakar Saung Kubil, Nasi Pecel Pincuk Mbak Yun, Nasi Ayam Semarang Mas Semlo, dan Nasi Khas Manado Bakudapa.

Ada pula Nasi Liwet Bakar Biyonge, Soto Betawi H. Agus Barito, Kuthien Ciak 899 (Halal), Bakwan Malang Wapo, Pempek Palembang 96, Chicongfan & Kue Medang Pak Karim, Cuanki Bandung Mang udin, Tahu Petis Yudhistira, Cakwe Master, Kue Ape, Pancong & Rangi, Putu Piring Pienang, Es Pisang Ijo Payjo, Es Jeruk & Alpukat Kocok Asgar, Es Sinar Garut 27, Kang Tebu, Es Cincau & Es Doger, Tahu Gejrot & Kue Leker Arjuna, Asinan Betawi Mang Okib.

Aji Widiarto, Regional Mall Director Area Bogor mengatakan, “Festival kuliner ini kami hadirkan pada perayaan Imlek dengan alasan selain kedua jenis makanan ini memang memiliki rasa yang dapat memenuhi selera orang Indonesia, makanan ini juga sangat mudah dijumpai di setiap daerah dengan harga yang sangat terjangkau, dan bisa dinikmati setiap saat."

Aji menambahkan, “Pada setiap penyelenggaraan festival kuliner, baik Cibubur Junction maupun Lippo Plaza Ekalokasari Bogor senantiasa melibatkan pelaku usaha UMKM dengan tujuan untuk terus menggerakkan perkenomian mengingat UMKM memiliki kontribusi yang besar terhadap perekonomian Indonesia."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com