Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/02/2023, 11:29 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Indeed

KOMPAS.com - Mencari kerja di luar negeri mungkin jadi salah satu mimpi sebagian fresh graduate atau tenaga kerja profesional di Tanah Air. 

Seiring perkembangan teknologi, proses mencari kerja di luar negeri juga semakin mudah. Apalagi di fase rekrutmen awal, kebanyakan perusahaan tidak perlu mengundang kandidat untuk datang ke negaranya karena semua proses bisa dilakukan secara virtual. 

Belum lagi informasi tentang lowongan pekerjaan di negeri orang pun saat ini sangat mudah diakses, bisa melalui aplikasi pencarian kerja, agen pencari kerja, media sosial sampai internet.

Memang, bekerja di luar negeri terlihat menawarkan banyak keuntungan untuk mendapatkan pengalaman karier, penghasilan tinggi sampai kesejahteraan hidup.

Tapi sebelum memutuskan untuk mencari kerja di luar negeri, ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan agar kita bisa sukses berkarier.

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mencari Kerja di Tahun 2023 

Tips sukses mencari kerja di luar negeri

Ilustrasi mencari kerjaUnsplash Ilustrasi mencari kerja

Mencari kerja di luar negeri tampaknya terlihat mudah karena berbagai informasi seputar lowongan pekerjaan sangat mudah didapat.

Tak heran jika tidak sedikit orang yang berniat untuk bekerja di luar negeri untuk meningkatkan kapasitas diri dan kariernya.

Namun sebelum memutuskan untuk bekerja di luar negeri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kita bisa sukses menggapai impian dalam berkarier.

Melansir laman Indeed, simak enam hal yang perlu diperhatikan sebelum mencari kerja di negeri orang.

1. Pahami perbedaan bahasa

Mencari kerja dan berkarier di luar negeri mungkin mengharuskan kita untuk berkomunikasi dalam bahasa lokal yang dipakai sehari-hari.

Dalam hal ini, menguasai bahasa universal (bahasa Inggris) saja belum cukup, kita perlu memerhatikan atau mempelajari bahasa lokal yang dipakai dalam keseharian.

Jika menemukan pekerjaan tertentu yang diminati, telusuri dan pelajari bahasa tersebut sampai mencapai tingkat keahlian yang cukup agar kita dapat dipertimbangkan sebagai kandidat potensial.

2. Banyak riset seputar budaya kerja di negara tujuan

Setiap perusahaan tentunya memiliki budaya tersendiri dalam proses rekrutmen karyawan pendatang.

Segera cari tahu informasi sebanyak mungkin seputar budaya kerja di negara atau perusahaan tujuan. Cara ini mungkin bisa memuluskan jalan kita untuk berkarier di sana.

Halaman:
Sumber Indeed
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com