Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Asal Iran Dipenjara Usai Berdansa di Menara Azadi Teheran

Kompas.com - 02/02/2023, 09:59 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pasangan muda asal Iran dijatuhi hukuman penjara usai mengunggah video berdansa di depan Menara Azadi Teheran, baru-baru ini.

Astiyahz Haghighi (21) dan suaminya Amir Mohammad Ahmadi (22), ditangkap polisi setempat di rumah mereka di kawasan Teheran.

Menurut kantor berita Aktivis Hak Asasi Manusia di Iran, aksi berdansa yang mereka lakukan itu diduga mempromosikan adegan tidak senonoh, melanggar keamanan Nasional sampai dianggap propaganda melawan rezim.

"Pada 1 November 2022, pasukan keamanan menangkap pasangan ini dengan kasar di rumah mereka di Teheran," tertulis dalam informasi yang beredar dari kantor berita tersebut.

Baca juga: Siapa Mahsa Amini yang Membuat Warga Iran Demo hingga Lepas Jilbab? 

Video berdansa di depan Menara Azadi Teheran itu sempat viral di media sosial dan berujung pada penangkapan dan keduanya dijatuhi hukuman penjara.

Sementara itu pembelaan yang diajukan Haghighi dan Ahmadi pun ditolak penegas hukum setempat.

Keduanya merupakan influencer dengan hampir 1 juta pengikut di Instagram. Banyak dari unggahan mereka yang secara mencolok menampilkan kemesraan di media sosial.

Menurut BBC, aksi yang dilakukan Haghighi dan Ahmadi tersebut tidak ada kaitannya dengan demo warga Iran terhadap rezim Islamis Iran yang kini tengah memanas.

Tapi, video berdansa di depan Menara Azadi itu dianggap sebagai simbol dukungan atas kejadian yang tengah hangat bagi pemerintah Iran.

Terlepas dari hal tersebut, Menara Azadi adalah tempat yang sangat sensitif.

Baca juga: Demo Iran Terkini: Akses Internet di Kota Kelahiran Mahsa Amini Diputus 

Landmark yang terkenal di Iran ini dibangun oleh Shah Mohammad Reza Pahlevi tak lama sebelum dia digulingkan dalam revolusi 1979.

Menara Azadi juga dirancang oleh seorang arsitek yang mempraktikkan keyakinan Baha'i, yang sempat dihancurkan oleh Republik Islam Iran sejak mengambil alih kekuasaan.

Hukuman penjara yang dijatuhkan kepada pasangan muda ini termasuk yang paling tinggi dan banyak orang yang ditangkap dan dijatuhi hukuman juga jika mereka ketahuan mendukung aksi demo Iran.

Protes di Iran semakin memanas dan dipicu oleh kematian seorang wanita muda berusia 22 tahun, Mahsa Amini saat berada di dalam tahanan polisi.

PBB melaporkan sedikitnya 14.000 orang, termasuk anak-anak, atlet dan selebritas telah ditangkap akibat protes tersebut.

Sampai saat ini, sudah ada 11 hukuman mati telah dijatuhkan kepada orang yang mendukung protes aksi demo.

Baca juga: Demo Iran Belum Padam, Serukan Mogok 3 Hari dalam Sepekan 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com