Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Magna, Sepeda Kargo Pertama Indonesia, Impian Para Kurir Barang

Kompas.com - 10/02/2023, 14:16 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Sudah lama Hendi Rachmat berharap ada sepeda kargo buatan Indonesia yang bisa digunakan mengantar barang untuk perusahaan jasa kurirnya.

Keinginan tersebut semakin besar ketika pendiri sekaligus COO Westbike Messenger Service (WMS) itu mengunjungi kota Paris tahun 2016 dan melihat ada sepeda kargo buatan pabrik.

Saat itu terbersit niat untuk membelinya, tapi harganya dihitung-hitung terlalu mahal untuk armada pengantaran barangnya.

Selama ini ia dan kawan-kawannya membuat sepeda kargo sendiri secara kustom. Tidak ada yang salah dengan hal ini. Namun sepeda pabrikan tentunya akan lebih presisi pembuatannya, sekaligus harganya bisa ditekan bila dibuat dalam jumlah banyak.

Karenanya Hendi berangan-angan bisa mengajak pabrikan lokal untuk membuat sepeda kargo yang dirancang dari awal sesuai kebutuhan sampai menjadi sepeda siap pakai.

Peluncuran Magna, sepeda kargo elektrik United Bike X Westbike Messenger Service di Alam Sutera, kamis (9/2/2023) Peluncuran Magna, sepeda kargo elektrik United Bike X Westbike Messenger Service di Alam Sutera, kamis (9/2/2023)
Mimpi itu akhirnya menjadi kenyataan setelah brand sepeda Indonesia United Bike mau berkolaborasi dan membuat sepeda kargo elektrik pertama di Indonesia.

Pada hari Kamis (9/2/2023), sepeda bernama Magna diperkenalkan secara resmi menjadi sepeda transportasi khusus barang yang cocok untuk kegiatan niaga.

Magna, sepeda kargo elektrik United Bike X Westbike Messenger ServiceKompas.com/Wisnubrata Magna, sepeda kargo elektrik United Bike X Westbike Messenger Service
Sepeda kargo ini memiliki frame berbahan dasar alloy dengan bentuk gabungan antara sepeda biasa di bagian belakang, dengan bak terbuka besar di bagian depan.

Mengingat bawaan kargo yang kerap kali cukup berat, maka sepeda ini ditenagai motor dari baterai berdaya 36V/8AH, untuk memudahkan kayuhan saat membawa barang.

motor dan baterai Magna, sepeda kargo elektrik United Bike X Westbike Messenger Service motor dan baterai Magna, sepeda kargo elektrik United Bike X Westbike Messenger Service
"Dengan diproduksinya sepeda kargo ini, akan sangat menunjang usaha kami dalam hal logistik, khususnya bagi kami yang bergerak di bidang jasa pengantaran barang," ujar Hendi.

Sedangkan General Manager United Bike, Andry Dwinanda mengatakan, "Kami berharap sepeda ini menjadi alat transportasi ramah lingkungan yang dapat menunjang kegiatan usaha masyarakat sehari-hari."

Magna, sepeda kargo elektrik United Bike X Westbike Messenger Service Magna, sepeda kargo elektrik United Bike X Westbike Messenger Service
Adapun sepeda seberat 28 kilogram ini memakai ban berukuran 26 di belakang dan ukuran 20 di depan. Hal ini dirancang untuk memudahkan pengendara bermanuver saat membawa barang di jalan raya.

Sepeda kargo Magna hadir antara lain dalam warna merah dan kuning, dengan harga Rp 19 juta dan dapat dipesan melalui Westbike Messenger Service dan United Bike. Tertarik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com