Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/02/2023, 05:45 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahun 2023 sudah berjalan sekitar dua bulan, namun gelombang budaya Korea di Tanah Air seolah belum memudar.

Gelombang budaya Korea atau Korean wave --mulai dari musik, film, kuliner, fesyen, hingga kecantikan-- memang sangat digemari di banyak negara, tak terkecuali Indonesia.

Brand yang digunakan para idola juga diburu masyarakat, termasuk di platform e-commerce.

Berdasarkan data Compas Market Insight 2022, market share produk kecantikan menempati peringkat pertama di antara kategori barang konsumen yang bergerak cepat di e-commerce dengan penjualan di angka 43 persen.

Menariknya, penjualan produk kecantikan dari merek lokal ternyata tidak kalah saing dari merek Korea.

Budi Primawan, Ketua Umum Asoasiasi E-Commerce Indonesia (idEA) mengatakan, produk dengan nuansa Korea menjadi salah satu faktor yang mendorong peningkatan transaksi di platform e-commerce.

Diskusi Tren dan Budaya Korea di Indonesia Tahun 2023 Diskusi Tren dan Budaya Korea di Indonesia Tahun 2023

Meski demikian, menurut dia, produk Indonesia juga banyak digemari. Beberapa merek bahkan sudah ikut serta dalam pekan mode di luar negeri.

Hal inilah yang membuat platform penyedia produk bernuansa Korea, iStyle.id menjadikan brand fesyen dan kecantikan sebagai kategori kunci di tahun 2023.

"Ini juga bisa menjadi celah bagi pelaku usaha seperti iStyle.id untuk menghasilkan produk yang menggabungkan tren Korea dan lokal."

Begitu penuturan Budi dalam acara 50 Tahun Hubungan Indonesia-Korea Selatan: Perkembangan dan Prediksi Tren Produk Korea di Indonesia Tahun 2023 di Jakarta, Rabu (15/2/2023).

Lebih lanjut ia menjelaskan, merambahnya produk Korea ke Indonesia tidak serta-merta menyurutkan minat konsumen untuk membeli produk lokal.

"Tetapi justru memberikan pilihan yang lebih banyak karena saat ini di e-commerce, brand lokal masih mendominasi," imbuhnya.

iStyle.id luncurkan kampanye #iStylePastiKorea

Melihat tingginya permintaan terhadap tren yang berkaitan dengan kebudayaan Korea, iStyle.id mengusung kampanye bertajuk #iStylePastiKorea.

CEO iStyle.id Steven Calvin Victory menyebut, lewat kampanye ini, iStyle.id berupaya memantapkan posisinya sebagai destinasi belanja produk kecantikan, fesyen, dan gaya hidup Korea.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com