Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/02/2023, 16:00 WIB
Gading Perkasa,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Motherly

KOMPAS.com - Ada banyak manfaat tidur siang yang bisa diperoleh, mulai dari meningkatkan fokus hingga memperbaiki suasana hati.

Bagi ibu hamil, tidur siang adalah aktivitas penting untuk dilakukan.

Hanya saja, hal ini sering diabaikan ibu hamil karena berbagai alasan, entah sedang sibuk bekerja atau memang tidak terbiasa tidur siang.

Baca juga: 9 Camilan Enak untuk Ibu Hamil, Bisa Cegah dan Mengatasi Mual

Manfaat tidur siang bagi ibu hamil

Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam jurnal Sleep Medicine, ibu hamil yang tidur siang secara teratur cenderung tidak melahirkan bayi dengan berat lahir rendah.

Berat lahir rendah didefinisikan sebagai berat badan kurang dari 2,49 kilogram, dan dikaitkan dengan gangguan kesehatan selama masa kanak-kanak dan dewasa seperti penyakit pernapasan dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Artinya, tidur siang memberikan potensi manfaat besar bagi kesehatan bayi untuk jangka panjang.

Dalam studi ini, para peneliti di China menganalisis data dari 10.111 peserta dalam studi Healthy Baby Cohort tahun 2012-2014.

Mereka menemukan ibu hamil yang rutin tidur siang antara 60-90 menit memiliki risiko lebih rendah (29 persen) untuk memiliki bayi dengan berat lahir rendah.

Hasil tersebut dibandingkan dengan ibu yang tidak tidur siang.

Baca juga: Folat hingga Vitamin D, 4 Vitamin dan Mineral Penting untuk Ibu Hamil

Peneliti juga melihat, tidur siang selama 5-7 hari dalam seminggu mengurangi risiko ibu melahirkan bayi dengan berat lahir rendah sebesar 22 persen.

Dr Suzanne Karan, MD, ahli anestesi dari University of Rochester Medical Center di New York, AS mengatakan, ia bersama timnya sedang menyelidiki hubungan antara berat lahir bayi dengan kebiasaan tidur ibu.

"Studi tidur siang ini sinyal lain bahwa memperhatikan tidur adalah bagian penting dari kesehatan kehamilan ibu secara keseluruhan," sebut Karan, yang tidak terlibat dalam studi itu.

"Kehamilan itu seperti ujian stres yang menunjukkan masalah kesehatan apa yang bisa kita alami di kemudian hari, jadi penting untuk memperhatikan dan mengobati masalah itu sekarang," sambung dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Motherly


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com