Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Superfood yang Bisa Memperlambat Penuaan Setelah Usia 40

Kompas.com - 18/02/2023, 18:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Proses penuaan dapat membuat banyak perubahan pada tubuh, baik secara eksternal maupun internal.

Dan ini bisa menjadi pengalaman yang membuat frustasi, terutama karena penuaan dapat menjadi faktor risiko untuk berbagai macam penyakit.

Untungnya, ada beberapa makanan super atau superfood yang dapat kita konsumsi secara teratur untuk membantu memperlambat proses ini.

Menurut Cleveland Clinic, tidak ada cara yang jelas untuk menentukan apa yang termasuk sebagai superfood dan apa yang tidak.

Tetapi, pada dasarnya superfood merupakan makanan yang menyediakan banyak nutrisi berbeda dan tetap rendah kalori.

Meskipun superfood bagus untuk dimasukkan ke dalam pola kita sehari-hari, namun ada beberapa pilihan khusus yang mengandung nutrisi yang berkaitan dengan memperlambat proses penuaan, terutama setelah usia 40 tahun.

Sebab, usia 40-an adalah waktu yang tepat untuk mulai membangun kebiasaan sehat agar kita bisa membawa perubahan ini ke usia lanjut.

Selain itu, tubuh juga mulai mengalami perubahan spesifik pada usia 40-an, seperti kehilangan massa otot, perubahan hormon yang berkaitan dengan menopause, serta pergeseran tinggi badan yang berkaitan dengan perubahan tulang dan otot.

"Beberapa kebutuhan nutrisi kita dapat berubah seiring bertambahnya usia, jadi memasukkan beberapa superfood tertentu ke dalam menu makanan bisa membantu orang menjalani hidup sehat seiring bertambahnya usia," terang ahli gizi, Lauren Manaker, MS, RDN.

Superfood yang bisa memperlambat penuaan

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak beberapa superfood yang direkomendasikan oleh ahli gizi untuk memperlambat penuaan setelah usia 40 tahun, seperti yang dilansir dari laman Eat This Not That berikut ini.

1. Salmon

Superfood yang luar biasa untuk membantu memperlambat proses penuaan adalah salmon, serta banyak jenis ikan berlemak lainnya.

"Salmon adalah sumber protein tanpa lemak yang sangat baik, nutrisi yang penting untuk mempertahankan massa otot, dan sangat penting bagi orang dewasa yang lebih tua," ungkap ahli gizi, Lisa Young, PhD, RDN.

"Salmon juga kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung," lanjut dia.

Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan di Neurology menemukan bahwa mereka yang berusia 40-an dan 50-an yang sel darah merahnya mengandung kadar omega-3 yang lebih tinggi memiliki fungsi kognitif dan struktur otak yang lebih baik secara keseluruhan.

2. Cranberry

Jika kita adalah penggemar cranberry, atau jus cranberry, maka kita cukup beruntung karena superfood ini terbukti dapat membantu memperlambat penuaan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com