Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal 12 Jenis Birth Flower dan Maknanya untuk Setiap Bulan

Kompas.com - Diperbarui 20/02/2023, 06:32 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi kita yang gemar mengikuti zodiak atau hal-hal lain yang berkaitan dengan astrologi mungkin percaya bahwa bulan lahir memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kehidupan.

Jadi, akan tetap menarik untuk mengungkap makna di balik simbol-simbol bulanan seperti bunga yang melambangkan bulan kelahiran alias birth flower.

Meskipun asal-usul birth flower tidak jelas, namun beberapa sejarawan percaya bunga ini mulai digunakan sejak zaman Romawi Kuno.

Sebab, bunga adalah hadiah yang umum diberikan di Kekaisaran Romawi, dan karena Romawi adalah salah satu peradaban pertama yang merayakan ulang tahun, hal ini bisa jadi menyebabkan pemberian bunga yang berbeda untuk setiap bulannya.

Baca juga: 6 Langkah Mudah untuk Membuat Rangkaian Bunga yang Cantik

Terlepas dari bagaimana kategori ini secara resmi muncul, daya tarik budaya terhadap bunga telah berlangsung selama berabad-abad dan sekarang ada banyak bunga yang memiliki makna sentimental.

Makna birth flower setiap bulan

Menjelajahi makna birth flower untuk setiap bulan dapat menjadi jendela baru ke dalam perjalanan kita sendiri dan juga dapat berguna sebagai cara untuk terhubung dengan orang yang kita cintai.

Misalnya, membeli buket segar yang diisi dengan birth flower orang tersebut bisa membuat hadiah ulang tahun yang sederhana menjadi lebih bermakna.

Dan tentu saja, jika kita membutuhkan alasan lain untuk memanjakan diri dengan bunga, simak beberapa makna di balik 12 birth flower, seperti yang dilansir dari laman Woman's Day berikut ini.

1. Januari: Anyelir dan Snowdrop

Cocok untuk bunga bulan Januari, anyelir lebih menyukai suhu yang sejuk dan tersedia dalam berbagai warna, masing-masing dengan simbol yang unik.

Anyelir merah muda melambangkan cinta seorang ibu. Sementara anyelir merah tua menunjukkan cinta yang mendalam dan anyelir putih berarti cinta yang murni.

Snowdrop juga tumbuh subur di tempat yang dingin, mekar di akhir musim dingin atau awal musim semi.

Maknanya dapat berubah tergantung pada kesempatan.

Selama masa perayaan, bunga ini juga dianggap melambangkan harapan, tetapi selama masa-masa sulit, bunga ini dapat menyampaikan simpati dan kasih sayang.

2. Februari: Violet dan Primrose

Bunga violet dinamai sesuai dengan warna ungunya, tetapi juga bisa ditemukan dalam warna kuning, biru, dan krem.

Tiga sifat utama yang terkait dengan bunga violet adalah kesederhanaan, kerendahan hati, dan kesetiaan.

Primrose adalah bunga kuning pucat yang kebetulan dapat dimakan, menjadikannya topping kue yang bagus untuk seseorang yang berulang tahun di bulan Februari.

3. Maret: Bakung dan Jonquil

Bakung adalah salah satu bunga pertama yang mekar di musim semi, yang berhubungan dengan representasi kelahiran kembali dan permulaan yang baru.

Bunga ini juga memiliki berbagai konotasi khusus di berbagai wilayah. Sebagai contoh, di Wales dan China, bunga ini dipercaya membawa kekayaan.

Lalu Jonquil adalah variasi spesifik dari bunga bakung, yang secara teknis diklasifikasikan sebagai Narcissus.

Klasifikasi ini berasal dari tokoh dalam mitologi Yunani yang jatuh cinta pada bayangannya sendiri hingga ia meninggal.

Baca juga: Makna Bunga untuk Hadiah Valentine yang Perlu Diketahui

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com