Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/02/2023, 09:18 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak diragukan lagi bila oatmeal menjadi salah satu menu sarapan terbaik dan tersehat yang bisa kita pilih.

Pertama, karena oatmeal penuh dengan serat larut dan tinggi akan jenis serat larut tertentu yang dikenal sebagai beta-glukan.

Jenis serat ini diketahui dapat membantu memperlambat pencernaan, membuat kita kenyang dengan cepat, dan bahkan membantu kita mengelola kolesterol maupun gula darah.

Namun, meskipun oatmeal merupakan sarapan yang bergizi, hal ini juga bergantung pada bagaimana kita menyiapkan oatmeal dan apa yang kita masukkan ke dalamnya.

"Oatmeal adalah pilihan yang sangat baik, padat nutrisi, dan kaya serat untuk makanan atau camilan," kata ahli gizi di Balance One Supplements, Trista Best, MPH, RD, LD.

Baca juga: 4 Manfaat Makan Oatmeal, Baik untuk Jantung hingga Pencernaan

"Sayangnya, kita sering kali tanpa sadar membuat kesalahan saat menyiapkan oatmeal yang dapat mengurangi nilai kesehatannya," ujar dia.

Kesalahan dalam membuat oatmeal

Nah, dilansir dari laman Eat This Not That, Best memaparkan sejumlah kesalahan yang banyak dilakukan orang-orang saat membuat oatmeal sehingga makanan ini jadi kurang menyehatkan sebagai berikut.

• Menambahkan terlalu banyak gula

Oatmeal memang tidak memiliki banyak rasa, jadi wajar jika kita mungkin ingin menambahkan rasa manis ke dalamnya.

Menurut Best, menambahkan buah atau sumber gula alami lainnya adalah cara yang bagus untuk dilakukan.

Tetapi, ia memperingatkan bahwa menambahkan terlalu banyak gula olahan atau gula rafinasi dapat dengan cepat membuat oatmeal menjadi lebih tidak sehat.

"Menambahkan beberapa pemanis, seperti gula rafinasi, gula merah, krim kental, dan sirup pada oatmeal dapat membuatnya lebih bersifat inflamasi daripada anti-inflamasi," kata Best.

"Namun pemanis alami dapat digunakan sebagai pengganti, termasuk buah segar atau buah beku dan madu," jelas dia.

Baca juga: Meski Tergolong Sehat, Oatmeal Juga Memiliki Efek Samping

• Tidak memilih susu terbaik

Hal lain yang perlu dipertimbangkan saat menyiapkan oatmeal adalah apakah kita akan menggunakan susu atau tidak, dan jenis apa yang kita pilih.

"Mungkin kita akan tergoda untuk menambahkan susu tinggi lemak atau susu nabati yang dimaniskan saat menyiapkan oatmeal," ungkap Best.

"Sekali lagi, bahan-bahan ini dapat menambah kalori, lemak, dan kandungan gula dari makanan yang seharusnya sehat," terang dia.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com