Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/02/2023, 15:19 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meningkatkan peluang kehamilan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satu yang cukup populer adalah dengan akupunktur.

Ya, pasutri (pasangan suami istri) yang mengalami gangguan infertilitas atau ketidaksuburan menjadi salah satu penyebab tidak kunjung hamil

Saat ini akupunktur dianggap menjadi salah satu alternatif dalam memperoleh keturunan, sehingga ketika rutin dilakukan, kemungkinan peluang kehamilan bagi istri bisa lebih tinggi.

Lantas, bagaimana teknik akupunktur bisa meningkatkan peluang hamil? Agar lebih jelasnya coba simak ulasan sebagai berikut. 

Baca juga: 4 Manfaat Akupunktur dan Efek Sampingnya 

Akupunktur dalam meningkatkan peluang kehamilan

Ilustrasi akupuntur atau tusuk jarum Ilustrasi akupuntur atau tusuk jarum

Peran akupunktur dalam meningkatkan peluang kehamilan adalah manfaatnya yang dapat meningkatkan kualitas sperma dan fungsi ovarium.

Seorang praktisi akupunktur bersertifikat, Megan Scott, LAC, mengatakan bahwa manfaat akupunktur dapat meningkatkan kesuburan bagi pria ataupun wanita.

"Banyak pasien melakukan akupunktur pada semua tahap atau program hamil yang mereka jalani."

"Termasuk menghentikan kontrasepsi dan setelah mencoba berbulan-bulan tanpa hasil, atau meningkatkan peluang untuk hamil lagi ketika upaya IVF-nya gagal," kata Scott.

Pada tahap ini, sebetulnya pasien tidak sedang dalam tahap pengobatan melainkan perawatan agar sistem reproduksinya menjadi lebih subur.

Metode akupunktur ini pun dilakukan dengan memberikan stimulasi melalui jarum halus dan steril pada titik-titik tertentu di bagian tubuh. 

Cara ini bisa menstimulasi sel dan memberikan sistem berupa sinyal yang cukup kompleks dan melibatkan sejumlah saraf, hormon, peredaran darah, sistem fascia hingga imunitas. 

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, akupunktur dianggap dapat membantu menyeimbangkan qi (chi) yang berarti energi yang mengalir di sekujur tubuh melalui jalur meridian.

Khususnya pada fungsi atau manfaat kesuburan, praktisi akupunktur akan menusukkan jarum kecil itu di sekitar perut atau jalur meridian yang menargetkan organ reproduksi kita.

Sebagaimana dilansir Cleveland Clinic, berikut beberapa pengaruh atau manfaat dari metode akupunktur untuk kesuburan organ reproduksi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com