Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Family Time Bisa Beri Rasa Aman bagi Anak, Ini Kata Psikolog Klinis

Kompas.com - 27/02/2023, 16:31 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Waktu berkualitas bersama anak pada akhir pekan menjadi salah satu momen berharga yang dinanti-nanti oleh setiap orangtua. Terlebih, bagi orangtua yang bekerja, family time bersama keluarga amatlah penting untuk dapat memantau tumbuh kembang anak-anak mereka.

Hal itu bukan tanpa alasan. Faktanya, menghabiskan akhir pekan bersama anggota keluarga dinilai dapat meningkatkan hubungan berkualitas antara orangtua dan anak. Pertemuan intens orangtua dengan buah hati juga dapat memengaruhi kepribadian anak.

Psikolog Klinis Anna Surti Ariani yang akrab disapa Nina menyoroti hal itu sebagai salah satu kegiatan penting yang tak boleh diabaikan orangtua. Menurut Anna, momen itu krusial untuk membangun keharmonisan keluarga.

“Setiap keluarga memang harus menyediakan waktu untuk family time atau menyiapkan waktu khusus untuk berkumpul dengan anggota keluarga. Ini penting karena family time mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi anak,” ujar Nina dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (27/3/2023).

Baca juga: Tak Sekadar Penampilan Fisik, Nilai Hidup Jadi Kriteria Penting Temukan Pasangan Ideal

Lebih lanjut Nina menjelaskan, kedekatan keluarga juga dapat membantu anak memiliki pondasi karakter yang kuat dalam dirinya. Pasalnya, pondasi utama bagi anak adalah orangtua itu sendiri di mana mereka bisa mendapatkan nilai-nilai kehidupan yang relevan sebagai bekal menjalani kehidupan sosial.

Di samping itu, imbuh Nina, rasa nyaman yang diperoleh anak melalui family time juga bisa memberikan rasa aman sehingga menjadi dasar pembentukan karakter mereka ketika kelak dewasa.

Adapun anak-anak yang kebutuhan waktu bersama keluarganya telah terpenuhi akan memiliki rasa percaya diri yang baik sehingga lebih mudah menerima kehadiran orang lain.

"Anak jadi merasa aman (secure), punya rasa percaya terhadap orang lain di sekitarnya, serta percaya terhadap dirinya sendiri," terang Nina.

Baca juga: Beda dengan Selfish, Self Love Bisa Meningkatkan Produktivitas Seseorang

Kasih orangtua jadi pondasi kepribadian anak

Nina menuturkan, kasih sayang orangtua melalui waktu yang diberikan juga menjadi dasar pembentukan kepribadian anak yang lebih matang.

Hal itu bisa dilihat dari tingkah laku anak yang menunjukkan sikap menghormati orang lain dan juga dirinya sendiri.

Anak yang memiliki tumbuh kembang optimal dan berlimpah dengan rasa aman dan nyaman akan memiliki perkembangan psikologis serta fisik yang lebih baik. Utamanya, pada 12 tahun pertama tahapan kehidupan mereka

"Sebab itu, penting sekali untuk keluarga punya waktu untuk berkumpul. Perlu ada family time saat weekend atau akhir pekan," jelasnya.

Baca juga: Kenali Diri Dulu Baru Bangun Hubungan dengan Orang Lain, Itulah Self Love

Nina juga mendorong orangtua untuk meminimalisasi penggunaan gawai pada saat fimily time berlangsung.

Menurutnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun kedekatan setiap anggota keluarga, mulai dari berpergian bersama, bermain di luar rumah, hingga berekreasi ke tempat-tempat baru yang ramah anak.

Salah satu beach club baru yang menarik perhatian banyak wisatawan lokal dan asing adalah Canna Bali. Pengunjung akan merasakan suasana dan konsep bangunan yang minimalis modern dengan suasana tropis dan beberapa sudutnya terasa seperti nuansa Eropa. Dok. Canna Bali Salah satu beach club baru yang menarik perhatian banyak wisatawan lokal dan asing adalah Canna Bali. Pengunjung akan merasakan suasana dan konsep bangunan yang minimalis modern dengan suasana tropis dan beberapa sudutnya terasa seperti nuansa Eropa.

Jika masih belum menemukan lokasi yang tepat untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga, tak ada salahnya orangtua mengagendakan liburan ke Pulau Dewata.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com