Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2023, 07:33 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ajang tahunan Muslim Fashion Festival (MUFFEST+) siap digelar pada 7-10 Maret 2023 di The Westin Jakarta.

Peragaan busana Muslim yang sudah digelar 8 kali ini bakal dimeriahkan dengan karya dari jenama lokal, 200 desainer lokal, serta 8 desainer dari negara tetangga seperti Singapura, Laos, Kamboja, Brunei dan Thailand atas dukungan ASEAN Fashion Designers Showcase (AFDS).

Tahun ini, MUFFEST+ membawa penyegaran dan bersinergi bersama Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) dengan mengangkat tema “Unlock Global Opportunities with MUFFEST+”.

Sinergi tersebut diharapkan bisa membuka peluang bagi industri fesyen Muslim untuk bisa menjadi jendela dunia yang memperlihatkan perkembangan terkini industri fesyen muslim dan gaya hidup halal Indonesia.

"Melalui MUFFEST+, kami berharap Indonesia bisa menunjukkan kepada dunia bahwa gaya fesyen muslim Indonesia memiliki potensi untuk berkembang secara global,"

Demikian papar Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC), dalam konferensi pers MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST, di The Westin Jakarta, baru-baru ini.

MUFFEST+ di tahun ini akan dimeriahkan oleh berbagai keseruan seperti fashion show, trade show, talkshow, serta kompetisi desainer muda yang fokus pada modest fashion.

Khusus untuk peragaan busana sendiri, sekiranya bakal ada 19 slot peragaam busana dan kata Ali, ini merupakan slot terbanyak sepanjang delapan tahun MUFFEST+ digelar.

"Elemen utama dari gelaran ini pasti fashion show, lalu ada exhibiton dan banyak lagi acara lainnya," tambah Ali.

Ajang pagelaran busana muslim yang dipersembahkan Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Bank Indonesia dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) serta didukung penyelenggaraannya oleh Ditali Cipta Kreatif.

Baca juga: Kolaborasi Beauty dan Modest Fashion di Panggung MUFFEST+ 2022 

Mendorong industri fesyen lokal

Trunk show di MUFFEST+ 2023, beberapa desainer dan jenama yang bakal memamerkan karyanya di ajang ini. KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Trunk show di MUFFEST+ 2023, beberapa desainer dan jenama yang bakal memamerkan karyanya di ajang ini.

Hadirnya MUFFEST+ 2023 diharapkan bisa menjadi wadah pengembangan kreativitas dan inovasi dalam industri fesyen muslim supaya gaya fesyen muslim yang khas bisa dijadikan rujukan gaya hidup yang baru dan berhasil menarik perhatian dunia.

Ada sejumlah upaya atau strategi yang akan dilakukan IN2MOTIONFEST ke depannya guna mencapai tujuan tersebut.

Seperti memperkuat produk modest fashion melalui kegiatan pelatihan, memperkuat pelaku modest fashion melalui program kompetisi tingkat nasional dan internasional serta memperkuat promosi produk yang berkolaborasi dengan Kemenkop UKM.

“Upaya yang kami lakukan salah satunya memfasilitasi UMKM untuk berpameran di MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com