Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ucapkan Selamat Tinggal pada Logo Gunung Swiss di Cokelat Toblerone

Kompas.com - 07/03/2023, 15:16 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com - Merek cokelat Toblerone kini tak lagi bisa menggunakan logo gunung Swiss yang telah populer selama puluhan tahun.

Selama ini, brand tersebut identik dengan logo berupa puncak Gunung Matterhorn, yang berlokasi di negara Eropa Tengah itu, dengan siluet beruang.

Namun pemilik baru Mondelez, perusahaan yang memproduksi camilan ini, kini telah mengalihkan sejumlah pabriknya ke lokasi baru di Bratislava, Slovakia.

Baca juga: 9 Fakta Menarik Matterhorn, Gunung di Bungkus Cokelat Toblerone

Berdasarkan hukum yang berlaku di Swiss, perubahan ini membuat Toblerone tidak lagi berhak menggunakan gambar gunung negara tersebut, maupun klaim sebagai cokelat Swiss.

“Untuk alasan hukum, perubahan yang kami lakukan pada manufaktur kami berarti kami perlu menyesuaikan kemasan kami untuk mematuhi undang-undang Swiss," kata juru bicara Mondelez, dikutip dari CNN.

"Kami telah menghapus klaim Swiss kami dari bagian depan paket Toblerone dan mengubah deskripsi kami 'dari Swiss' menjadi 'didirikan',"

Sesuai Swissness Act Swiss, yang disahkan pada tahun 2017, simbol nasional dan salib Swiss tidak diizinkan pada produk yang tidak memenuhi kriteria "Swiss".

Baca juga: Ternyata Ini yang Membuat Cokelat Swiss Punya Rasa yang Unik

Undang-undang tersebut mewajibkan produk makanan yang diklaim sebagai "buatan Swiss" diproduksi dengan 80 persen bahan bakunya bersumber dari dalam negeri, dengan 100 persen susu dan produk susu lokal pula.

Pemrosesan esensial juga harus dilakukan di dalam negeri, dengan pengecualian produk alami yang tidak dapat bersumber dari Swiss, seperti kakao.

Cokelat bisa meningkatkan fungsi kognitif tubuh.Dok. Pexels/ Anete Lusina Cokelat bisa meningkatkan fungsi kognitif tubuh.
Toblerone akan memiliki kemasan baru yang memiliki jenis hurud dan logo baru, dijanjikan tak kala khas, dengan tanda tangan Theodor Tobler, pakar cokelat asli Swiss yang merupakan pendiri merek ini.

Ia menciptakan cokelat yang dijual di lebih dari 100 negara itu pada tahun 1908 bersama sepupunya Emil Baumann.

"Bern adalah bagian penting dari sejarah kami dan akan terus demikian untuk masa depan,” kata juru bicara itu.

Baca juga: 8 Brand Cokelat Termahal di Dunia, Kaya Bahan Premium

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com