Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

5 Alasan Mengapa Manusia Mudah Menyerah

Kompas.com - 08/03/2023, 13:15 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - Menghadapi suatu tantangan tentu bukan hal yang mudah. Banyak orang yang akhirnya menyerah karena tak sanggup untuk menyelesaikannya. Keputusan ini pun terkadang berdampak pada kehidupan kita selanjutnya.

Menyerah memang tak selamanya buruk. Apalagi jika kita sudah berusaha maksimal namun hasilnya belum sesuai. Menyerah bisa berkonotasi negatif jika dalam menghadapi satu situasi, kita memilih mundur sebelum berjuang. Padahal, kita belum mencoba opsi lainnya.

Founder SOCIO Startup Indonesia, Fariliyn Danisya, siniar Obsesif bertajuk “Pentingnya Punya Mental Pantang Menyerah” dengan tautan akses dik.si/ObsesifFariliyin, mengaku pernah berada dalam fase ini.

Perempuan ini menceritakan proses ia terdampak layoff hingga akhirnya berkesempatan membangun SOCIO.

Bagi kita, menyerah bukanlah hal yang sulit. Hal ini terjadi karena otak sudah mengatur untuk melepaskan sesuatu yang tak cocok dengan kita. Jika tak ditangani dengan baik, keadaan sulit yang asing ini pun bisa berdampak pada diri. Secara otomatis, sebagai sistem pertahanan, otak memerintahkan kita untuk mengambil keputusan; menyerah.

Di sisi lain, dalam The Beauty In Being Significant, ada lima faktor yang menyebabkan manusia mudah menyerah.

1. Ekspektasi tak realistis

Ini ditandai dengan ide-ide liar yang terus berputar di otak kita, namun sulit direalisasikan. Saat berproses untuk mencapai tujuan, kita memerlukan saran atau ide yang mudah dijangkau. Ini dilakukan agar kita bisa mengerjakannya sesuai porsi atau batas maksimal diri.

Baca juga: Fenomena Kesurupan: Mistis atau Medis?

Misalnya, kita ingin jadi pribadi yang sempurna dalam mengerjakan pekerjaan. Namun, terkadang realitas tak sesuai harapan karena setiap manusia pasti akan melakukan kesalahan. Saat ekspektasi itu runtuh, kita pun menyerah.

2. Terlalu banyak pilihan

Misalnya, karena senang dengan bidang yang digeluti, kita pun senang saat diminta bantuan mengerjakan banyak proyek. Padahal, pekerjaan kita sendiri pun belum selesai. Tentu saja perilaku ini pun bisa meningkatkan risiko kelelahan dan kegagalan. Alhasil, kita jadi tak percaya diri dan mudah menyerah.

Greg McKeown, dalam bukunya Essentialism: The Disciplined Pursuit of Less, menyarankan agar kita fokus pada hal-hal yang paling penting. Cara agar mengetahuinya dengan menuliskan sepuluh aktivitas yang perlu kita lakukan. Kemudian, kurasi menjadi lima dan kemudian tiga. Tiga yang tersisa itu adalah yang paling utama harus dikerjakan.

3. Pola pikir negatif kegagalan

Ada banyak dari kita yang menganggap kegagalan sebagai akhir dari segalanya. Biasanya, pola pikir ini dimiliki oleh orang dengan pola asuh keras; jika gagal, ia akan diberi hukuman.

Baca juga: 3 Alasan Orang Tak Percaya pada Motivator

Kenyataannya, di dunia ini, ada banyak orang-orang sukses yang hidupnya berawal dari kegagalan. Ada banyak hal pula yang bisa dipelajari dari kegagalan jika kita mampu melihatnya dari perspektif lain. Dengan kegagalan, kita bisa belajar untuk memperbaiki diri agar tak jatuh ke lubang yang sama.

4. Terlalu mengandalkan validasi orang lain

Mempertimbangkan pendapat orang lain adalah hal yang baik, namun kita tak boleh selalu bergantung pada mereka. Ditambah lagi, menaruh ekspektasi berlebihan mengenai pendapat mereka terhadap diri kita.

Padahal, kita tak bisa mengontrol bagaimana orang lain akan berkomentar. Pasti akan ada komentar negatif yang kita terima. Orang yang mengandalkan validasi cenderung akan lebih mudah menyerah karena komentar negatif itu adalah tanda keburukan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com