Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/03/2023, 08:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama ini oat dikenal sebagai salah satu makanan yang menyehatkan karena mengandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat dan serat.

Namun, selain bermanfaat sebagai makanan, oat ternyata juga memiliki khasiat yang besar dalam membantu mengatasi masalah kulit kering dan sensitif jika diformulasikan ke dalam perawatan kulit.

Menurut dermatovenereologist, Dr Fitria Agustina, SpKK, FINSDV, FAADV, oat yang dioleskan pada tubuh atau topikal memiliki banyak sekali manfaat.

"Yang pertama, oat ternyata memiliki efek anti peradangan (inflamasi) dan anti gatal (pruritus)."

"Jadi kalau kulit lagi terasa gatal dan mengalami peradangan, oat akan membantu meredakannya sekaligus melembapkan kulit."

Demikian penuturannya saat ditemui di acara konferensi pers peluncuran Aveeno Skin Relief di Mall Kota Kasablanka Jakarta, Rabu (8/3/2023) lalu.

Di samping itu, oat juga bisa membantu menormalkan pH kulit dalam kondisi yang normal dengan rentang antara 5,2 - 6,2.

"Oat juga mengandung antioksidan dan prebiotik yang bisa membuat makanan yang baik untuk mikrobioma kulit," terangnya.

"Jadi, multiple fungsi dari oat tidak hanya untuk oral tetapi juga topikal," ujar dia.

Di sisi lain, untuk kulit sensitif, terutama yang mengidap eksim atau dermatitis atopik, oat juga bermanfaat mengembalikan hidrasi kulit dan memperbaiki ketahanan kulit (skin barrier).

"Pada penderita eksim, ketahananan kulit biasanya terganggu yang menyebabkan kulit mengalami peradangan dan gatal-gatal," kata Fitria.

Dengan memperbaiki ketahanan kulit, secara tidak langsung populasi atau mikrobioma yang ada juga dikembalikan agar gatal-gatal dan peradangannya juga berkurang.

"Maka dari itu, kalau ada pelembap yang mengandung oat, itu tidak hanya melembapkan tetapi juga memiliki efek anti inflamasi, anti pruritus, serta anti mitotik," ungkapnya.

"Bahkan, penelitian menyebutkan bahwa triple oat formula yang terkandung di dalam body wash maupun body lotion efektif dua kali melembapkan kulit kering dan sensitif dengan formula tidak lengket sehingga dapat mencapai level baru kulit yang sehat," jelas Fitria.

Rangkaian Aveeno Skin Relief

Untuk membantu menyediakan perawatan kulit dengan kandungan oat yang bermanfaat, Aveeno pun meluncurkan rangkaian produk Aveeno Skin Relief yang diperkaya dengan new and improved triple oat complex formula.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com