Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan Peliharaan Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental pada Pemiliknya

Kompas.com - 14/03/2023, 09:00 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemilik hewan peliharaan dapat merasakan manfaat positif dari memelihara kucing, anjing atau hewan peliharaan yang lain.

Khususnya bagi kesejahteraan dan kesehatan mental, studi terbaru menunjukkan manfaatnya luar biasa memiliki hewan peliharaan

Menurut riset Healthy Minds dari American Psychiatric Association, kegembiraan yang dibawa hewan peliharaan ke rumah begitu kuat, sehingga benar-benar meningkatkan kesehatan mental pemilik dan anggota keluarga yang lain.

Untuk mencapai temuan ini, tim peneliti melakukan survei pada 2.200 orang dewasa dari 10 hingga 12 Februari 2023.

Dalam riset itu, 50 persen responden memiliki anjing, 35 persennya kucing dan sisanya jenis hewan peliharaan yang lainnya.

Baca juga: Marak Ular Masuk Rumah, ini Tips Lindungi Hewan Peliharaan 

Berdasarkan data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa 86 persen dari pemilik hewan peliharaan merasa lebih bahagia.

Pemilik hewan peliharaan mengakui bahwa "anak bulu" mereka membuat lebih bahagia dalam berbagai cara, seperti ketika berinteraksi, dampaknya bisa mengurangi stres dan kecemasan, memberikan cinta dan dukungan tanpa syarat.

Kemudian responden lainnya mengatakan ikatan mereka dengan anjing atau kucing seperti sebuah persahabatan yang tulus hingga memberikan ketenangan.

Selain itu, responden juga mengatakan bahwa hewan peliharaan sudah dianggap seperti bagian dari anggota keluarga sendiri.

Ilustrasi hewan peliharaanPexels Ilustrasi hewan peliharaan

Baca juga: 5 Tips Menjaga dan Membersihkan Gigi Hewan Peliharaan 

"Hewan yang kita bawa ke dalam hidup kita dan keluarga kita memainkan banyak peran, seperti sosok teman yang tidak menghakimi, teman yang kita sukai hingga sahabat utama dalam mengurangi stres dan kecemasan kita," kata Rebecca Brendel, MD, JD, presiden APA, seperti dilansir Martha Stewart.

Rata-rata responden juga mengakui bahwa memelihara hewan kesayangan bisa membantu mengurangi stres dan kecemasan dalam hal apapun.

Temuan survei ini sekaligus menyoroti manfaat kesehatan mental yang luar biasa terkait dengan merawat hewan peliharaan apa pun yang tidak terbatas pada anjing dan kucing saja.

Baca juga: Tips Memilih Ular untuk Jadi Hewan Peliharaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com