Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 21/03/2023, 11:41 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Membakar lemak tubuh bisa terasa sangat sulit, terutama jika kita menargetkan area tertentu.

Meskipun memperkuat otot inti dan melakukan latihan kardio dapat membantu, namun hal ini tidak akan menurunkan berat badan dalam jangka panjang.

Untungnya, ada beberapa cara alami yang efektif dan juga berkelanjutan untuk membakar lemak tubuh.

Baca juga: 7 Tips Membakar Lemak Membandel, Bisa Dilakukan di Rumah

Dilansir dari laman Eat This Not That, ahli diet pun membagikan sejumlah tips mengenai cara-cara alami untuk membakar lemak di seluruh tubuh sebagai berikut.

1. Membatasi konsumsi minuman manis

Ahli diet terdaftar di Health Canal, Bianca Garcia, RDN, mengatakan bahwa membatasi asupan minuman yang manis dapat dengan cepat mengurangi lemak di seluruh tubuh.

"Berbagai minuman kekinian seperti boba, kopi, misalnya pumpkin spice latte, disajikan dengan begitu banyak tambahan gula," terangnya.

Menurut dia, rata-rata latte mengandung sekitar 24 gram (atau enam sendok teh) gula.

Penelitian juga menunjukkan bahwa minuman yang dimaniskan dengan gula seperti latte dapat meningkatkan berat badan jika dikonsumsi secara teratur.

Sebagai gantinya, pilihlah kopi hitam atau teh hijau untuk mengurangi sirup, gula, susu, dan whipped cream yang berkontribusi pada asupan kalori berlebih.

"Ketika kita mengonsumsi gula berlebih, tubuh akan mengirimkannya ke hati untuk diubah menjadi lemak dan disimpan untuk digunakan di kemudian hari," jelas Garcia.

2. Hindari makanan yang diproses

Apakah kita seorang keto, karnivora, vegan, atau paleo, ada satu kesamaan yang dimiliki oleh tren diet yang saling bersaing ini, yaitu menghilangkan (atau membatasi) makanan yang sangat diproses untuk mendorong penurunan berat badan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Cell Metabolism, makanan seperti daging olahan, kue kering, permen, dessert, dan roti putih mengandung kalori tinggi maupun bahan berbahaya lainnya, yang berkontribusi secara signifikan terhadap kenaikan berat badan.

"Sebagian besar makanan olahan tinggi gula dan bahan yang membuat ketagihan yang membuat kita ingin (dan membeli) lebih banyak," jelas Garcia.

"Makanan tersebut berkontribusi terhadap lemak tubuh secara keseluruhan, dan menghilangkannya dari diet dapat membantu kita menghilangkan lemak yang disumbangkan oleh makanan ini secara alami," ujar dia.

Baca juga: 5 Faktor yang Perlu Diperhatikan jika Ingin Membakar Lemak Perut

3. Batasi makanan bebas gula dan bebas lemak

Jika kita berpikir bahwa memilih produk "bebas gula" adalah pilihan yang lebih sehat, pikirkan lagi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com