Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2023, 07:35 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Huffpost

KOMPAS.com - Ikan salmon dapat dikonsumsi secara rutin karena tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi juga bisa menunjang kecantikan.

Ya, jenis ikan dengan daging berwarna oranye ini mengandung asam lemak omega-3 yang membuatnya menjadi salah satu superfood bagi kulit.

Bahkan dalam jumlah konsumsi secara rutin, ikan salmon juga terbilang aman bagi anak-anak, ibu hamil dan konsumsi jangka panjang karena kandungan merkurinya terbilang rendah tidak seperti jenis ikan laut yang lain.

Baca juga: 5 Manfaat Makan Salmon untuk Kesehatan Otak hingga Jantung 

Manfaat ikan salmon untuk kecantikan

Ilustrasi sashimi salmon. freepik/topntp26 Ilustrasi sashimi salmon.

Manfaat salmon untuk kecantikan bisa didapat dari konsumsi dagingnya secara langsung, atau bisa juga dari suplemen berupa kapsul minyak ikan.

Lantaran manfaatnya yang bagus untuk kulit, tak heran jika selebritas seperti Victoria Beckham dan Mariah Carey juga rutin makan salmon demi menjaga kesehatan dan kecantikan kulitnya.

Lebih dari itu, Dr. Rachel Nazarian dari Schweiger Dermatology Group yang berbasis di New York menyebutkan bahwa porsi rutin makan salmon yang ideal adalah sekitar 3 kali dalam seminggu.

Kata dia, jumlah tersebut sudah cukup untuk bisa mendapatkan manfaat salmon pada kulit kita. Berikut sejumlah alasan yang membuat ikan salmon baik untuk menjaga kecantikan kulit seperti dilansir Huffpost.

1. Meredakan peradangan

Salmon mengandung asam lemak sehat berupa omega-3 yang berperan dalam melawan peradangan.

Pada ikan salmon juga terdapat senyawa kimia astaxanthin yang dikenal sebagai keto-karotenoid dan ini adalah antioksidan dan antiinflamasi yang kuat.

Ketika dikonsumsi secara rutin, manfaatnya bisa menenangkan kulit wajah yang diakibatkan peradangan seperti jerawat, iritasi kulit dan mempercepat penyembuhan dari penyakit kulit lainnya.

2. Bikin awet muda

Selain mampu melawan peradangan, omega-3 ternyata juga berperan dalam melawan radikal bebas yang bisa merusak kolagen dan elastin.

Secara langsung manfaat yang paling signifikan jika kadar kolagen dan elastin terjaga dengan baik adalah kulit menjadi lebih kenyal dan tampak awet muda.

Studi pada tahun 2012 menyebutkan bahwa astaxanthin benar-benar membantu memperbaiki tampilan kerutan, bintik-bintik hitam dan tekstur kulit.

Baca juga: Manfaat Mengonsumsi Kulit Salmon dan Cara Memasaknya 

Ilustrasi steak salmon asparagus. Dok. Sajian Sedap Ilustrasi steak salmon asparagus.

3. Melembapkan kulit

Pada dasarnya kulit memiliki kandungan minyak alami yang berada di bawah jaringan kulit. Fungsi minyak alami ini membantu kulit mempertahankan kelembapan agar tetap terhidrasi dengan baik.

Menurut Melda Isaac, seorang dokter kulit bersertifikat yang berbasis di Washington D.C, Amerika Serikat, asam lemak omega-3 ini secara langsung juga dapat mempertahankan kelembapan kulit kita.

4. Melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari

Isaac juga mengatakan bahwa salmon mengandung kadar vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh.

Vitamin D tersebut juga memiliki efek fotoprotektif yang artinya dapat membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

Selain itu, vitamin D juga bagus untuk pertumbuhan dan perbaikan sel kulit yang melindunginya dari radikal bebas.

Baca juga: Manfaat Omega-3 dalam Ikan Salmon, Bantu Turunkan Tekanan Darah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Huffpost


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com