BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Polytron

Wajib Dicoba! 3 Tip Ini Bikin Pengalaman Nonton Konser Virtual Jadi Makin Berkesan

Kompas.com - 24/03/2023, 11:50 WIB

KOMPAS.com – Menonton konser penyanyi idola menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres. Dengan menyanyikan lagu-lagu favorit yang menggambarkan isi hati, rasa penat dan beban pikiran bisa berkurang sehingga menjadi lebih segar.

Tak melulu harus datang ke venue, keseruan konser kini juga bisa dinikmati di rumah. Seperti diketahui, saat pandemi Covid-19, sejumlah musisi berupaya menghibur penggemarnya dengan menyelenggarakan konser secara online agar tidak terjadi kerumunan.

Tren tersebut ternyata masih berlanjut hingga saat ini. Salah satu contohnya, konser daring para penyanyi di bawah naungan agensi Korea Selatan SM Entertainment, 2023 SM Town Live: SMCU Palace @Kwangya pada Januari 2023.

Selain itu, kini, platform streaming yang menyiarkan konser dan festival musik secara online pun makin marak. Alhasil, pada masa pascapandemi Covid-19 seperti saat ini, konser virtual tetap menjadi pilihan, bahkan menjadi formasi baru untuk menggelar acara musik.

Meskipun tak bisa berjabat langsung dengan musisi kesayangan, Anda tetap bisa mendapatkan pengalaman konser virtual yang seru dan menyenangkan apabila dipersiapkan dengan saksama. Lantas, apa saja persiapannya? Simak penjelasan berikut.

1. Pastikan koneksi internet aman

Komponen penting dari menonton konser virtual adalah jaringan internet. Oleh karena itu, pastikan WiFi atau kuota data internet memadai untuk menonton konser.

Cek pula kecepatan internet agar streaming konser bisa ditonton dengan resolusi maksimal. Biasanya, dibutuhkan kecepatan internet minimal 20 Mbps untuk menonton video streaming beresolusi 4K.

Pastikan pula koneksi internet stabil guna menghindari buffering di tengah penyelenggaraan konser. Jika hal ini terjadi, Anda bisa saja kelewatan momen seru saat konser. Sebab, biasanya, konser virtual hanya dapat ditonton satu kali.

2. Cari tempat nyaman dan kedap suara

Salah satu momen katarsis ketika menonton konser musik adalah saat sing along lagu favorit bersama sang musisi. Belum lagi, sejumlah musisi, seperti musisi Korea Selatan, memiliki fanchant atau seruan tertentu yang diberikan fans kepada musisi untuk menyemarakkan lagu yang sedang dibawakan.

Keduanya merupakan alasan utama konser virtual harus ditonton di tempat yang nyaman dan kedap suara. Sebab, selama konser berlangsung, Anda mungkin akan mengeluarkan suara keras yang berpotensi mengganggu ketenangan orang lain.

Jadi, sebaiknya persiapkan ruangan khusus menonton yang kira-kira tidak akan mengganggu orang lain.

3. Siapkan perangkat berkualitas

Berbeda dengan menonton konser di venue, Anda hanya bisa melihat musisi lewat layar. Oleh karena itu, kualitas visual dan audio perangkat yang digunakan untuk menonton konser harus dipertimbangkan.

Agar bisa dinikmati dengan maksimal, Anda bisa menggunakan layar komputer atau televisi (TV) yang besar. Sebab, keduanya bisa memaksimalkan resolusi tinggi dari streaming konser yang ditonton.

Apabila menggunakan TV, pastikan TV mendukung penggunaan internet guna mengakses platform penyiaran konser. Anda juga bisa menggunakan teknologi screen mirroring untuk menampilkan siaran konser di TV dengan terhubung ke smartphone.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan speaker berkualitas tinggi agar musik yang dilantunkan pada konser bisa didengar secara jernih.

Salah satu speaker yang bisa Anda gunakan adalah Polytron HiFi Speaker Audivo PHS 6A. Pasalnya, speaker ini telah dilengkapi High Fidelity (HiFi) dengan sistem 2 way speaker berteknologi electro-acoustic yang bisa menghasilkan suara jernih dan minim distorsi.

Jadi, paduan vokal dan treble akan terdengar jernih sehingga menghasilkan suara yang terasa bak sedang menonton konser secara langsung.

Melengkapi HiFi, speaker tersebut juga memiliki speaker woofer bermedan magnet yang kuat dan linear. Bersama aluminium frame die-casting, daya suara yang dihasilkan speaker menjadi besar, rendah distorsi, serta memungkinkan suara bass lebih detail dan artikulatif. Teknologi ini juga dilengkapi dengan voice coil CCAW berdiameter 36 mm.

Pada bagian tweeter, Polytron Audivo PHS 6A menggunakan bahan membran soft dome berukuran 1 inci sehingga frekuensi yang dihasilkan tinggi, datar, dan rata hingga 22 kHz. Dengan demikian, nada treble terdengar lebih jernih dan transparan.

Pada subwoofer lain, yakni enclosure, digunakan material medium density fiberboard (MDF) dengan tebal 24 mm yang dikombinasikan dengan sistem tuning bass reflex. Keduanya menghasilkan suara akustik berkualitas tanpa gangguan pewarnaan suara.

Selain itu, Polytron Audivo PHS 6A juga menggunakan Bi-Amplifier Class D yang bisa meningkatkan efisiensi daya hingga lebih dari 90 persen. Dilengkapi dengan digital signal processor (DSP), speaker ini pun memiliki ekualisasi frekuensi-fasa akurat yang menghasilkan suara musik dan vokal terdengar nyata serta mirip dengan suara asli.

Menambah keseruan, speaker tersebut memungkinkan Anda untuk mengatur suara bass dan treble sesuai keinginan. Fitur ini memudahkan Anda untuk mendapatkan suara terbaik meskipun speaker ditempatkan di mana saja.

Polytron HiFi Speaker Audivo PHS 6A pun memiliki banyak pilihan konektivitas, seperti Bluetooth V.5. Ada pula input optikal, universal serial bus (USB), auxiliary, dan line. Kelengkapan ini bisa memudahkan Anda untuk menyambungkan speaker dengan perangkat penunjang visual konser, seperti TV, monitor komputer, atau laptop, secara mudah dan stabil.

Untuk diketahui, pemesanan Polytron HiFi Speaker Audivo PHS 6A sudah bisa dilakukan di toko-toko elektronik terdekat, seperti Electronic City (EC).

Bagi Anda yang ingin tukar tambah, Polytron juga menyediakan promo trade-in speaker lama dengan Audivo PHS 6A dan dapatkan cashback sebesar Rp 300.000. Promo ini hanya berlaku hingga Kamis (30/3/2023) di seluruh cabang EC Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), kecuali Cilegon dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Informasi lengkap mengenai Polytron Audivo PHS 6A bisa diakses lewat tautan ini.

Itulah tiga persiapan yang harus dilakukan untuk menonton konser virtual. Yuk, persiapkan secara matang agar pengalaman nonton konser bisa berjalan lancar tanpa hambatan.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com