BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Miss Mondial

Tip Padu Padan Kebaya Warna Gelap agar Penampilan Anggun Saat Lamaran

Kompas.com - 24/03/2023, 18:23 WIB
Siti Sahana Aqesya,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dalam dunia fesyen, warna gelap tidak selalu bermakna kelam. Sebaliknya, jika item fesyen berwarna gelap, seperti atasan, bawahan, aksesori, dan tata rias, dipadupadankan secara cerdas, hal ini bisa memancarkan keanggunan pemakainya.

Hal tersebut juga berlaku pada kebaya berwarna gelap. Salah satu pakaian tradisional ini punya pesona istimewa sehingga kerap dipilih untuk dipakai saat momen penting. Salah satu contohnya, selebritas Tara Basro yang tampil elegan dengan memakai kebaya kutubaru berwarna hitam saat melakukan pemotretan pre-wedding.

Baca juga: 5 Fakta Penting Kebaya, Perempuan Indonesia Perlu Tahu

Buat Anda yang ingin tampil anggun dengan kebaya warna gelap saat lamaran, berikut adalah tip padu padan, mulai dari tata rias, motif kebaya, hingga perhiasan yang bisa aplikasikan untuk acara lamaran.

1. Makeup natural minimalis

Kebaya gelap memberikan kesan yang elegan. Untuk menonjolkan kesan ini, Anda disarankan memakai riasan wajah berwarna lembut dan natural. Sebab, makeup natural bisa membuat wajah terlihat teduh dan mewah.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa memakai riasan bertema nude. Pada bagian mata, Anda bisa menggunakan eyeshadow gradasi coklat dengan highlight putih.

Untuk penggunaan blush, pastikan warna yang dipilih natural, seperti pink muda. Hindari memakai blush terlalu banyak agar kesan natural bisa terpancar. Pada bagian bibir, gunakan lipstik berwarna nude dengan sentuhan akhir glossy.

2. Kebaya berbahan brokat atau beludru

Salah satu bahan kebaya yang kerap jadi pilihan adalah brokat. Kebaya berbahan brokat biasanya memiliki banyak pilihan model, mulai dari yang bermotif hingga penuh dengan payet dan manik-manik.

Kebaya brokat kerap dipilih untuk menemani momen lamaran karena memiliki susunan kain yang rapat dan lembut. Saat digunakan, kebaya ini terasa nyaman dan tidak gerah.
Selain brokat, bahan kebaya lain yang bisa dipakai adalah beludru atau velvet. Kain jenis ini punya karakter khas, yaitu dapat memantulkan cahaya sehingga tampak berkilau.

Baca juga: Kebaya dan Pewarisan Tradisi

3. Jarik batik warna coklat

Untuk menonjolkan keanggunan kebaya berwarna gelap, Anda bisa memakai jarik batik berwarna coklat gelap. Pasalnya, batik berwarna coklat memancarkan kesan yang tenang dan sederhana. Kombinasi keduanya bisa membuat keanggunan pemakainya terpancar maksimal.

Jarik batik berwarna coklat pun memiliki banyak pilihan motif. Meski begitu, Anda perlu memperhatikan makna motif batik. Untuk lamaran, Anda bisa memilih batik coklat motif sido asih. Motif ini bermakna “rasa cinta dari dua keluarga”.

Anda bisa pula memilih motif batik coklat sido mukti. Motif ini memiliki makna “kebahagiaan, kemakmuran, dan kesejahteraan”.

4. Sepatu high heels atau selop

Beralih ke bagian alas kaki, Anda bisa memakai sepatu yang memancarkan kesan elegan, seperti high heels. Sepatu ini memiliki bagian tumit lebih tinggi ketimbang jari kaki sehingga membuat tubuh menjadi lebih tinggi. Saat dipakai, sepatu ini juga membuat postur tubuh menjadi tegak sehingga terlihat ramping.

Selain high heels, Anda juga bisa memakai sandal selop. Sandal ini menambah sentuhan tradisional pada kebaya yang dipakai. Pemakaiannya pun cukup nyaman karena hak selop biasanya tidak terlalu tinggi, yakni sekitar 1-2 cm.

Menariknya, saat ini, banyak sandal selop memiliki warna atau motif yang bisa disesuaikan dengan motif kain yang dikenakan. Jadi, motif sandal bisa seragam dengan kebaya.

5. Tampil beda dengan perhiasan geometris

Tampil elegan dengan kebaya gelap menjadi lebih lengkap dengan perhiasan. Pasalnya, perhiasan bisa mengisi kekosongan pada penampilan sehingga membuat tampilan menjadi lebih anggun.

Untuk keperluan lamaran, Anda bisa memilih perhiasan emas. Keindahan perhiasan emas bisa memancar jika disandingkan dengan kebaya gelap.

Jika ingin tampil beda, Anda bisa memakai koleksi perhiasan emas geometris dari Frank Gold. Perhiasan yang ditawarkan pada koleksi ini berbahan dasar emas SNL.

Koleksi cincin Geometric Collection dari Frank Gold. Koleksi cincin Geometric Collection dari Frank Gold.

Berbeda dengan perhiasan emas lain, Frank Gold memiliki desain yang unik, klasik, dan elegan. Salah satunya adalah desain geometris dari seri Geometric Collection. Koleksi ini terdiri dari geometric ring, bangle geometric hollow, dan bangle geometric solid. Ketiganya bergaya stacking sehingga menambah kesan classy saat dipadukan dengan kebaya gelap.

Selain geometris, ada pula koleksi lain dengan desain yang tak kalah unik, yakni Grande Collection. Koleksi ini terdiri dari cincin tebal yang cocok digunakan di jari tengah atau telunjuk.

Selanjutnya, terdapat Sleek Twist Collection. Koleksi ini terdiri dari cincin, liontin, serta anting emas dangling dan studs earrings.

Ada pula koleksi Deer Charm Mirror Bracelet berwarna rose gold dengan desain bergambar rusa yang elegan. Gelang emas sepanjang 18 cm ini memiliki sentuhan mirror dengan lima bentuk desain yang berbeda.

Untuk cincin lamaran, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada engagement rings dari I Said MONDIAL. Pasalnya, koleksi ini menawarkan cincin berlian wanita dengan lima desain menawan, yakni round, pear, heart shape, oval, dan marquise.

Cincin berlian dari koleksi I Said MONDIAL. Cincin berlian dari koleksi I Said MONDIAL.

Melengkapi cincin tunangan, I Said MONDIAL juga menawarkan perhiasan lain, seperti anting, liontin berlian, dan gelang berlian modern. Seluruh koleksi ini disematkan dengan berlian mewah 0,50 carat.

Informasi lebih lengkap terkait koleksi perhiasan Frank Gold dan I Said MONDIAL bisa diakses melalui situs web dan Instagram resmi MONDIAL.

Yuk, maksimalkan keanggunan kebaya berwarna gelap dengan lima tip di atas agar momen lamaran menjadi lebih berkesan.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com