Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2023, 17:14 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Insider

KOMPAS.com - Bagi beberapa orang, menghilangkan lemak dan menurunkan berat badan adalah sesuatu yang sulit dan menantang.

Tak heran, jika banyak orang melakukan berbagai cara untuk bisa menghilangkan lemak, termasuk membatasi segala hal seperti mengonsumsi makanan.

Namun, menurut mantan pelatih fisik dan pelatih pribadi Angkatan Laut Inggris, Iain Reitze, untuk menghilangkan lemak dalam jangka panjang, kita perlu mengubah cara berpikir dan jangan terlalu membatasi makanan.

Sebab, ketika kita berfokus pada pola makan yang baik dan berolahraga untuk kesehatan, penampilan tubuh juga akan mengikuti.

Baca juga: 5 Cara Alami Membakar Lemak Tubuh secara Keseluruhan

"Saya mencoba mengubah pola pikir dan mengalihkan fokus dari penurunan berat badan karena ada banyak keterikatan emosional dan stigma yang muncul ketika berat badan naik atau turun," katanya kepada Insider.

Reitze percaya, latar belakang militernya telah membantunya mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menyesuaikan gayanya untuk setiap orang.

Pria yang meninggalkan Angkatan Laut Inggris setelah 27 tahun itu sekarang menjalankan retret kebugaran di Portugal dan Inggris.

Dia mengungkapkan, setiap orang harus mengupayakan gaya hidup yang seimbang, yang berarti olahraga teratur dan sedikit melakukan hal-hal yang mereka sukai, seperti minum beberapa gelas anggur di akhir pekan.

Di sisi lain, banyak ahli nutrisi dan kebugaran yang memiliki pendekatan yang sama, menganjurkan "prinsip 80/20" yang mendorong kita untuk memilih makanan bergizi 80 persen dari waktu dan menikmati apa yang kita inginkan di sisa waktu.

Baca juga: 6 Tips Hilangkan Lemak Perut yang Berkelanjutan untuk Wanita

Langkah-langkah mudah menghilangkan lemak

Lebih lanjut, Reitze membagikan beberapa langkah mudah yang harus dilakukan secara konsisten untuk bisa menghilangkan lemak sebagai berikut.

1. Menuliskan tujuan kita

"Sebelum melakukan apa pun, penting untuk menuliskan dengan tepat apa tujuan kita dan menetapkan kerangka waktu yang ideal untuk mencapainya, karena hal ini akan membuat kita merefleksikan seberapa disiplin kita," saran Reitze.

Sebagai contoh, jika kita ingin menurunkan berat badan sebanyak 10 kg dalam lima minggu, kebanyakan orang mungkin harus lebih disiplin dan tetap berada di jalur yang benar.

Namun, jika kita memberi waktu 10 minggu untuk menurunkan berat badan dalam jumlah yang sama, kita akan dapat makan lebih banyak dan menikmati makanan sambil mencapai target kita.

Penelitian juga menunjukkan, penurunan berat badan secara perlahan adalah yang paling berkelanjutan.

2. Merombak gaya hidup secara perlahan

Menurut Reitze, penting untuk tidak merombak seluruh gaya hidup dalam sekali jalan.

Halaman:
Sumber Insider


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com