Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Agung Setiyo Wibowo
Author

Konsultan, self-discovery coach, & trainer yang telah menulis 28 buku best seller. Cofounder & Chief Editor Kampusgw.com yang kerap kali menjadi pembicara pada beragam topik di kota-kota populer di Asia-Pasifik seperti Jakarta, Singapura, Kuala Lumpur, Manila, Bangkok, Dubai, dan New Delhi. Founder & Host The Grandsaint Show yang pernah masuk dalam Top 101 podcast kategori Self-Improvement di Apple Podcasts Indonesia versi Podstatus.com pada tahun 2021.

Seni Mengelola Tim Multigenerasi

Kompas.com - 11/04/2023, 12:49 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

BEBERAPA minggu lalu, saya berdiskusi dengan seorang CEO dari generasi milenial dan seorang lagi dari generasi baby boomers tentang betapa sulitnya mengelola lintas generasi ketika mereka jauh lebih tua atau lebih muda dari tim yang dipimpin.

CEO dari generasi baby boomers tidak mengerti mengapa bawahan langsungnya menanggapi pesan suaranya dengan email, alih-alih meneleponnya kembali. CEO dari generasi milenial tidak mengerti preferensi untuk panggilan telepon ketika informasi yang sama dapat dikomunikasikan melalui teks.

Pelajaran yang dapat dipetik oleh semua generasi di sini adalah mempelajari cara berkolaborasi dengan dan menghargai preferensi, kebiasaan, dan perilaku unik rekan kerja yang tumbuh di masa yang berbeda dengan kita.

Ketika kita pada dasarnya tidak dapat berhubungan dengan seseorang karena kesenjangan generasi, kita sering menggunakan stereotipe berbahaya dan menyalahkan masalah yang dapat dipecahkan, alih-alih bekerja untuk memahami dan menghargai perbedaan yang menjauhkan kita. Akibatnya, kinerja dan produktivitas kerja jadi negatif.

Baca juga: Stereotipe Pemimpin Perempuan dalam Industri Film dan Iklan

Untuk mendapatkan panduan tentang bagaimana kita dapat melewati ini dan menyadari banyak manfaat dari pekerjaan lintas generasi, saya teringat gagasan Profesor Megan Gerhardt, direktur pengembangan kepemimpinan di Farmer School of Business Universitas Miami dan penulis buku Gentelligence.

Pertama, stereotipe berbahaya. Untuk pertama kalinya dalam sejarah modern, ada lima generasi dalam angkatan kerja, masing-masing menunjukkan sifat dan nilai kepribadian yang unik, yaitu:

  • The Silent generation (lahir 1925 hingga 1945; setia tapi tradisional)
  • Baby boomer (1946 hingga 1964; kolaboratif tetapi enggan berubah)
  • Generasi x (1965 hingga 1980; mandiri tapi rentan depresi)
  • Milenial (1981 hingga 2000; bersemangat tetapi ingin diakui)
  • Generasi Z (2001 hingga 2020; progresif tapi tidak loyal)

Generalisasi ini, sebagian besar, bermasalah. Gerhardt mengingatkan kita langkah pertama untuk mengatasi bias usia, dan mengembangkan rasa saling menghormati satu sama lain adalah menghilangkan prasangka.

Banyak percakapan generasi dalam berita hari ini mengandalkan stereotipe palsu dan headline clickbait, daripada meluangkan waktu untuk memahami perbedaan penting yang merupakan bagian dari identitas generasi kita. Ketika kita menetapkan karakteristik negatif atau menyeluruh untuk setiap kelompok, kita menyiratkan bahwa nilai, keyakinan, dan tujuan mereka pada dasarnya "cacat".

Ada nilai dalam mendidik diri kita sendiri tentang realitas yang dihadapi generasi berbeda sepanjang karier mereka. Pada kenyataannya, apa yang kita hargai sebagai individu sering kali dipengaruhi peristiwa yang sepenuhnya di luar kendali kita, yang ditentukan pengalaman kita di awal kehidupan dan karier kita.

Setiap generasi memasuki dunia kerja dalam kondisi tertentu, yang pada akhirnya membantu dalam membentuk gol, preferensi, dan pendorong kesuksesan kita. Misalnya, lulusan perguruan tinggi baru-baru ini, yang memulai pekerjaan pertamanya selama pandemi dan terbiasa dengan bekerja jarak jauh, mungkin sangat menghargai pekerjaan yang fleksibel dan lebih suka berkomunikasi secara digital.

Di sisi lain, seseorang yang memasuki dunia kerja tahun 2008, selama resesi hebat, mungkin menghargai keamanan dan rutinitas pekerjaan, dan lebih suka bekerja kantoran "9-5" rutin yang dapat diprediksi, lima hari seminggu.

Masalahnya adalah stereotipe usia melangkah terlalu jauh dengan asumsi bahwa setiap orang bereaksi terhadap tonggak sejarah generasi mereka dengan cara yang sama. Itu adalah asumsi, seringkali salah, dan dapat membuat karyawan merasa terkucil dan dihakimi bahkan sebelum mereka masuk ke kantor. Hal ini, pada gilirannya, memengaruhi kinerja.

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan NIH menemukan, "karyawan yang terancam oleh stereotipe berbasis usia terkait kerja kurang mampu berkomitmen pada pekerjaan mereka saat ini, kurang berorientasi pada gol profesional jangka panjang, dan pada akhirnya kurang menyesuaikan diri secara psikologis."

Ketika Gerhardt mengatakan, kita harus menghindari membuat asumsi tentang orang hanya berdasarkan usia mereka, ada nilai dalam mendidik diri kita tentang realitas yang dihadapi generasi berbeda sepanjang karier mereka. Memahami nuansa ini sangat penting untuk menerima satu sama lain.

Kedua, preferensi berkomunikasi secara terbuka. Sama seperti kita tidak mengharapkan tindakan kita dipahami secara akurat atau disetujui secara universal ketika kita melakukan perjalanan ke tempat lain, kita seharusnya tidak mengharapkan alasan kita mendekati pekerjaan kita dengan cara tertentu menjadi jelas bagi orang-orang yang telah tumbuh dan memulai kehidupan profesional mereka pada titik waktu yang berbeda.

Baca juga: Cara Berkomunikasi Ini Membuat Anda Gampang Raih Sukses

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com