Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Susu untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Berpuasa

Kompas.com - 14/04/2023, 16:07 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Perubahan pola makan, pola olahraga dan pola tidur di bulan Ramadan rentan membuat tubuh cepat lelah dan kurang fit. Tak sedikit pula orang yang mengami gejala flu di akhir masa berpuasa. Hal ini bisa disiasati dengan memperhatikan asupan nutrisi.

Meski kita disarankan untuk mengonsumsi asupan bergizi seimbang, namun seringkali godaan makanan manis dan berlemak sulit ditolak. Akibatnya, bukan cuma berat badan rentan bertambah, kita pun sering merasa lemas dan mengantuk.

Dijelaskan oleh ahli gizi Mifta Novikasari S.P,M.KM, konsumsi protein hewani yang cukup sangat dibutuhkan, sebab protein termasuk bahan pembentuk sel imun tubuh.

Baca juga: Ini Manfaat Susu dalam Setiap Tahap Kehidupan

"Untuk memenuhi kebutuhan gizi dan energi, serta menjaga sistem imun. Masukkan susu dalam menu harian, dua kali sehari. Susu mengandung gizi yang baik, seperti protein hewani, kalsium, vitamin, dan mineral. Jangan lupa minum air putih yang cukup untuk menghidrasi kembali tubuh kita,” kata Mifta.

Dalam paparannya, ia menyayangkan masih banyak orang yang belum memperhatikan asupan nutrisinya. Saat berbuka masih banyak yang memilih makanan dan minuman berkalori tinggi, rendah serat, dan tinggi lemak.

"Perlu diingat juga untuk tidak melewatkan makan sahur karena sangat baik untuk kesehatan tubuh agar tidak mudah infeksi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com