Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/04/2023, 03:03 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Usia 1 sampai 5 tahun merupakan periode emas anak yang perlu diperhatikan stimulasinya demi mengoptimalkan perkembangan anak

Pada masa ini anak akan mendapatkan banyak hal baru yang akan memperkaya fase awal pertumbuhannya, baik secara kognitif, motorik, maupun bahasa.

Meski demikian, pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya peran orangtua pada tumbuh kembang anak pada periode emas masih belum merata di Indonesia.

Berangkat dari hal tersebut, Nestle Dancow Imunutri menghadirkan gerakan #AkuDanKauSukaDANCOW demi mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil.

Gerakan ini pun sudah meraih pencapaian 2 juta dukungan dari para Ibu di Indonesia dengan inisiatif mengajak para orangtua dalam mendampingi pemberian stimulasi serta dan eksplorasi dalam kehidupan sehari-hari.

Semua itu tentu dapat dicapai dengan pemenuhan gizi seimbang, stimulasi yang tepat dan juga cinta kasih dari orangtua.

"Dampak dari peran orangtua dalam mengoptimalkan stimulasi di periode emas ini tentu bermanfaat dalam jangka panjang."

"Bukan cuma mengoptimalkan pertumbuhannya di periode emas, tetapi juga menunjang perkembangan di masa remaja, dewasa, hingga produktivitas dan akhrinya berdampak pada generasi cemerlang bagi negara,"

Demikian kata Orissa Anggita Rinjani, Psikolog dan Co-Founder Rumah Dandelion saat ditemui Kompas.com dalam konferensi pers Nestle Dancow Imunutri, di The Nest, Business Garden Perkantoran Hijau Arkadia, Jakarta, Senin (17/4/2023).

Dalam hal ini, orangtua memainkan peran penting dalam mendukung perkembangan anak di periode emas.

Fungsi pendampingan serta pengembangan perlu diperhatikan orangtua dengan melihat berbagai aspek seperti kognitif, motorik, bahasa serta kemampuan anak dalam bersosialisasi.

Beberapa kegiatannya dapat meliputi berbagai aktivitas seperti tanya jawab sederhana tentang aktivitas sehari-hari.

Tujuannya demi mendorong eksplorasi anak dengan berbagai material stimulasi indra atau bermain di fasilitas umum sekitar rumah, seperti taman, area bermain, dan lainnya serta pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan buah hati.

Baca juga: 3 Cara Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini 

Gerakan untuk optimalkan perkembangan anak

(Kiri - Kanan) Prasasti Dhaniswari, Senior Brand Manager Nestlé DANCOW Imunutri; Dr. Ai Dariah Gede Suratha, Ketua Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga TP PKK Pusat; Sufintri Rahayu, Direktur Corporate Affairs PT Nestlé Indonesia;  dan Orissa Anggita Rinjani, Psikolog dan Co-Founder Rumah Dandelion membahas topik pentingnya gizi, stimulasi yang tepat dan cinta kasih untuk mendukung eksplorasi dan memaksimalkan potensi Si Buah Hati pada periode emas.Dok. Nestle Dancow Imunutri (Kiri - Kanan) Prasasti Dhaniswari, Senior Brand Manager Nestlé DANCOW Imunutri; Dr. Ai Dariah Gede Suratha, Ketua Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga TP PKK Pusat; Sufintri Rahayu, Direktur Corporate Affairs PT Nestlé Indonesia; dan Orissa Anggita Rinjani, Psikolog dan Co-Founder Rumah Dandelion membahas topik pentingnya gizi, stimulasi yang tepat dan cinta kasih untuk mendukung eksplorasi dan memaksimalkan potensi Si Buah Hati pada periode emas.

Samer Chedid, Presiden Direktur PT Nestle Indonesia menyampaikan bahwa pada Januari lalu, Nestle Dancow Imunutri mulai mengumpulkan dukungan dari para ibu untuk mengajarkan dan mendukung eksplorasi potensi anak di periode emas.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com