Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latihan Angkat Beban Bisa Tingkatkan Kesuburan Pria

Kompas.com - 18/04/2023, 05:05 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber DMarge

 

KOMPAS.com - Kabar gembira untuk pria yang suka olahraga angkat beban atau terbiasa dengan aktivitas mengangkat beban berat.

Fakta penelitian menyebutkan, pria yang gemar mengangkat benda berat atau melatih otot-ototnya secara teratur dikaitkan dengan fungsi seksual yang lebih subur.

Studi tersebut dilakukan oleh Brigham and Womens Hospital yang berafiliasi dengan Harvard untuk meninjau efektivitas olahraga latihan otot yang terkait dengan kesuburan pria.

Angkat beban bantu tingkatkan kesuburan pria

Ilustrasi sperma dan sel teluruchicagomedicine. Ilustrasi sperma dan sel telur

Ketidaksuburan adalah masalah serius yang memengaruhi banyak pasangan, terutama bagi pria. Pasalnya masalah yang satu ini bisa berdampak pada kualitas hubungan suami istri hingga tingkat kepercayaan diri kaum Adam. 

Berdasarkan data yang dihimpun laman Dmarge, kasus pria yang mengalami masalah kesuburan menyumbang sekitar 40 persen kasus infertilitas di seluruh dunia.

Maka dari itu, pria harus mengetahui dan menyadari bahwa aktivitas fisik seperti angkat beban dapat dipertimbangkan demi menjaga kualitas dan kuantitas sperma.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di jurnal Human Reproduction, para ilmuwan mengamati 377 pria yang sudah menjalani pengobatan jangka panjang dan pendek di pusat kesuburan pria.

Peneliti kemudian menemukan fakta bahwa pria yang melaporkan sering menjalani latihan angkat beban berat secara teratur memiliki konsentrasi sperma 46 persen lebih tinggi daripada mereka yang tidak.

Mereka juga memiliki jumlah sperma total 44 persen lebih tinggi daripada mereka yang memiliki pekerjaan pasif atau aktivitas fisik yang lebih sedikit.

Bahkan hasil studi tidak hanya menunjukkan tingkat kesuburan, pria yang melaporkan lebih banyak aktivitas fisik juga memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi.

Kadar hormon testosteron inilah yang memainkan peran penting dalam memengaruhi hasrat seksual.

Dengan kata lain, latihan angkat beban bisa membantu meningkatkan jumlah, kualitas, pergerakan sperma hingga menjaga hasrat seksual pria agar tetap prima.

Baca juga: 14 Obat Alami untuk Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita 

Ilustrasi olahraga angkat bebanUnsplash Ilustrasi olahraga angkat beban

Secara tidak langsung olahraga yang satu ini mungkin dapat diterapkan sebagai alternatif terapi bagi pria yang mengalami masalah kesuburan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma mereka.

"Melalui studi ini, kami ingin mengungkapkan langkah-langkah yang dapat dicoba untuk meningkatkan kesuburan pria."

"Fakta studi ini sangat bermanfaat bagi kita semua dan bukan hanya bagi pasangan yang menjalani program hamil," demikian kata Lidia Mínguez-Alarcón, seorang ahli epidemiologi reproduksi di Brigham's Channing Division of Network Medicine.

Di samping itu, rutinitas olahraga atau aktivitas angkat beban juga bermanfaat bagi pria yang ingin meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mínguez-Alarcón juga menjelaskan manfaat potensial dari aktivitas fisik dan angkat beban yang juga dapat mencegah penyakit kardiovaskular dan penyakit autoimun.

Baca juga: Tak Perlu Latihan Kardio, Angkat Beban Efektif Turunkan Berat Badan 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber DMarge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com