Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
CIRCULAR ECONOMY

Persiapkan 5 Hal Ini agar Mudik Terasa Aman dan Nyaman

Kompas.com - 19/04/2023, 14:11 WIB
Siti Sahana Aqesya,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.comMudik merupakan salah satu tradisi yang lumrah dilakukan masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Tradisi tersebut menjadi momen bagi para perantau yang bekerja di luar kota untuk kembali pulang ke kampung halaman agar dapat berkumpul dan bersilaturahmi bersama sanak saudara saat Lebaran tiba.

Biasanya, masyarakat sudah mulai berduyun-duyun mudik pada minggu terakhir Ramadhan.

Nah, seperti diketahui, perjalanan mudik umumnya menghabiskan waktu yang cukup panjang. Apalagi, jika jarak antara tanah perantauan dan kampung halaman mencapai ratusan, bahkan ribuan kilometer.

Mengingat jaraknya jauh dan dapat memakan durasi yang cukup lama, pemudik perlu mengutamakan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan mudik.

Untuk menjamin kenyamanan selama perjalanan, Anda perlu melakukan sejumlah persiapan sebelum mudik. Berikut adalah penjelasannya.

1. Cek kondisi kendaraan

Sebelum berangkat mudik, pastikan kendaraan yang digunakan berada dalam kondisi prima. Langkah pertama, cek kondisi mesin secara keseluruhan. Pastikan mesin berfungsi dengan baik. Periksa juga kampas dan cairan rem, pastikan memadai untuk dipakai mudik.

Anda juga perlu mengecek kondisi ban. Hindari melakukan perjalanan mudik dengan ban yang sudah aus. Siapkan pula ban cadangan guna mengantisipasi kondisi darurat. Jangan lupa pula untuk membawa peralatan darurat, seperti dongkrak.

Selanjutnya, pastikan surat-surat kendaraan, seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM) dibawa selama perjalanan mudik.

Sebelum berangkat, pastikan bahan bakar minyak (BBM) mobil cukup, setidaknya untuk dipakai hingga ke stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) atau rest area yang sudah ditentukan sebagai tempat peristirahatan.

2. Atur rute perjalanan

Sebelum memulai perjalanan, atur terlebih dahulu rute yang akan dipilih. Langkah pertama, pantau arus lalu lintas menggunakan aplikasi peta, seperti Google Maps dan Waze. Kemudian, pahami rute menuju kampung halaman dan informasi terkait potensi hambatan di perjalanan.

Setelah melihat rute, pilihlah alternatif jalan yang menurut Anda paling aman dan nyaman untuk dilalui. Pertimbangkan juga titik pemberhentian, seperti rest area atau tempat makan, untuk berbuka puasa dan beristirahat.

3. Gunakan pakaian yang nyaman

Saat mudik, Anda akan berada di dalam kendaraan untuk waktu lama. Oleh karena itu, pastikan pakaian yang Anda kenakan nyaman. Pakailah pakaian dengan bahan yang menyerap keringat, seperti rayon atau katun.

Apabila perjalanan ditempuh dalam waktu berhari-hari, siapkan pakaian ganti. Jangan lupa pula untuk mengganti pakaian dalam untuk menjaga kebersihan.

Agar tubuh tetap segar selama perjalanan, gunakan deodoran, cologne, atau tawas. Anda juga bisa menambahkan parfum untuk menambah kesegaran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com