Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sederet Nutrisi Penting untuk Merawat Kulit dan Rambut dari Dalam

Kompas.com - Diperbarui 24/04/2023, 15:11 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masalah kulit dan rambut seperti kerontokan, jerawat, hingga tanda-tanda penuaan dini seringkali membuat wanita tidak percaya diri.

Dalam mencegah hingga mengatasinya, kebanyakan wanita mungkin terlalu bergantung pada perawatan dari luar.

Misalnya dengan penggunaan skincare seperti serum, krim dan lain sebagainya sampai ada yang rutin merawat kecantikannya di klinik kecantikan.

Tidak ada yang salah memang, namun perawatan dari luar belum cukup dan tidak memberikan hasil optimal ketika tidak ditunjang perawatan dari dalam.

Cara yang paling sederhana merawat kulit dan rambut dari dalam itu bisa dibantu dengan rutin mencukupi kebutuhan cairan tubuh, menjaga makanan yang dikonsumsi, hingga memenuhi sejumlah nutrisi penting untuk rambut dan kulit.

Lalu jenis nutrisi seperti apa yang efektif merawat kecantikan kulit dan rambut dari dalam?

Berikut pemaparan selengkapnya, seperti dikutip dari keterangan pers YouVit Beauty Vitamins yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Bolehkah Remaja Lakukan Perawatan Kulit di Klinik? 

Sejumlah nutrisi atau vitamin yang dapat membantu mencegah dan mengatasi jerawat adalah vitamin C, niacinamide, antioksidan dan beberapa mineral yang biasa terkandung pada daun mint, apel, mulberry, buah pir hingga ekstrak aloevera.

Kombinasi dari nutrisi tersebut baik untuk mengurangi jerawat ringan ke sedang, mengurangi bekas jerawat, dan mengontrol minyak berlebih pada wajah.

Demi menjaga kesehatan rambut, sejumlah nutrisi yang penting untuk diperhatikan adalah antioksidan, vitamin C, E, Zinc, inositol, biotin dan multivitamin lainnya.

Nutrisi tersebut bisa dipenuhi dengan rutin mengonsumsi buah berry atau suplemen yang terdapat kandungan ginseng.

Sejumlah nutrisi tersebut diyakini dapat mengurangi masalah rambut rontok, membantu menstimulasi pertumbuhan rambut serta menutrisi rambut agar lebih sehat.

Baca juga: Kulit Cantik Butuh Perawatan dari Dalam 

Kandungan buah berryMakeupandbeauty Kandungan buah berry

  • Nutrisi untuk mencegah penuaan kulit

Nutrisi yang dibutuhkan untuk mencegah penuaan kulit adalah kolagen, vitamin C dan antioksidan.

Nutrisi itu dapat diperoleh melalui beberapa buah-buahan yang tinggi akan antioksidan seperti stroberi, raspberry, blueberry, acai berry hingga buah delima.

Di samping memenuhi asupan nutrisi dari dalam, ada satu hal lain yang tak kalah penting agar kulit dan rambut tetap sehat yaitu dengan memerhatikan pola tidur, apalagi saat bulan Ramadhan.

Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Fasting and Its Impact on Skin Anatomy, Physiology, and Physiopathology, saat bulan Ramadhan beberapa orang mungkin merasakan perubahan pada kulit dan rambut akibat dehidrasi hingga kekurangan beberapa nutrisi penting.

Pada akhirnya kondisi itu bisa menimbulkan masalah lain seperti kulit kering, jerawat, rambut rontok, dan lainnya.

Supaya hal itu tidak kita alami, kita perlu melakukan perawatan kulit dan rambut dari dalam dengan memastikan asupan nutrisi tepat, menghidrasi tubuh hingga istirahat yang cukup demi mendukung proses regenerasi sel berjalan optimal.

Baca juga: Perawatan Rambut Rontok Khusus Pria untuk Mencegah Kebotakan 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com