BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Home Credit

Lakukan 5 Aktivitas Ini agar Ramadhan Semakin Bermakna

Kompas.com - 20/04/2023, 14:36 WIB
Nada Zeitalini Arani,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ramadhan merupakan bulan penuh berkah bagi umat Islam. Pasalnya, berbagai ibadah, termasuk shalat dan puasa, akan diganjar pahala berlipat ganda ketimbang bulan-bulan lain.

Ramadhan juga senantiasa dinantikan lantaran menjadi momentum pas untuk merajut silaturahmi sekaligus melepas rindu dengan keluarga dan kerabat. Biasanya, acara silaturahmi atau temu kangen ini dikemas dalam acara buka bersama (bukber).

Nah, selain buka puasa bersama, masih banyak kegiatan spesial lain yang bisa membuat momen Ramadhanmu semakin bermakna, lho.

Berikut adalah lima aktivitas yang bisa kamu lakukan agar momen Ramadhan jadi makin bermakna.

1. Mengikuti kajian

Saat Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satu aktivitas yang dapat dilakukan untuk mencapai hal tersebut adalah dengan mengikuti kajian keagamaan.

Pasalnya, kegiatan tersebut bisa memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang agama Islam secara lebih luas. Dengan begitu, mereka yang mengikuti kajian diharapkan dapat lebih bertakwa kepada Allah SWT.

Kamu bisa mengajak keluarga ataupun kerabat untuk mengikuti kajian bersama. Jika sibuk, kamu bisa memilih waktu senggang, seperti saat libur di akhir pekan.

2. Tadarus Al Quran

Ramadhan menjadi bulan penuh berkah karena Allah SWT melipatgandakan pahala dari setiap ibadah yang dijalankan, baik yang bersifat wajib maupun sunah.

Tadarus atau membaca Al Quran, misalnya. Ibadah ini bisa memberikan berbagai manfaat, seperti menumbuhkan rasa cinta kepada Al Quran, memahami petunjuk Allah SWT, serta melancarkan kemampuan membaca Al Quran.

Baca juga: Mengembangkan Diri Melalui Ibadah Ramadhan

Kamu bisa mengikuti kegiatan tadarus Al Quran di musala atau masjid di dekat rumah. Ajak juga anggota keluarga untuk rutin bertadarus Al Quran bersama.

3. Sahur bersama

Sahur bersama tak kalah bermakna untuk dilakukan saat Ramadhan karena merupakan salah satu aktivitas yang sangat dianjurkan. Ini pun bisa jadi aktivitas yang pas untuk merajut silaturahmi dengan keluarga ataupun kerabat.

Momen tersebut sekaligus bisa menjadi bentuk cicilan quality time yang sering kali terhambat oleh berbagai kegiatan lain.

4. Berbagi takjil

Berburu takjil atau menu berbuka puasa juga menjadi salah satu aktivitas yang selalu dirindukan saat Ramadhan.

Nah, kamu bisa memanfaatkan tradisi tersebut agar momen Ramadhan menjadi lebih bermakna. Salah satu caranya dengan mengajak keluarga dan kerabat untuk berbagi takjil kepada yang membutuhkan.

Seperti diketahui, memberikan makanan untuk berbuka kepada orang yang berpuasa merupakan salah satu ibadah dengan ganjaran pahala besar selama Ramadhan.

“Walaupun hanya dengan memberikan sesuap nasi atau secuil kurma, mereka (yang memberikan makanan berbuka kepada orang yang berpuasa) akan diganjar kenikmatan yang luar biasa,” kata penceramah Ustaz Maulana seperti diwartakan Kompas.com, Selasa (12/5/2020).

5. Ngabuburit

Ngabuburit merupakan salah satu tradisi masyarakat Indonesia setiap Ramadhan. Momen menanti waktu berbuka puasa ini biasanya diisi dengan berbagai aktivitas, seperti berburu takjil, jalan-jalan sore, serta berbelanja.

Baca juga: Banyak Promo, Ini Manfaat dan Cara Mendapatkan Home Credit Card

Dari berbagai aktivitas tersebut, berbelanja merupakan salah satu yang paling populer, khususnya menjelang Lebaran. Apalagi, menjelang hari raya tersebut, para pekerja telah mendapatkan tunjangan hari raya (THR) yang kerap dimanfaatkan untuk membeli keperluan Lebaran serta kebutuhan penunjang aktivitas harian, seperti upgrade barang elektronik dan gawai.

Ilustrasi ngabuburit bareng Home Credit
Home Credit Ilustrasi ngabuburit bareng Home Credit

 

Kamu pun bisa ngabuburit bareng Home Credit untuk memenuhi kebutuhan sekaligus berkesempatan memenangi berbagai hadiah mulai dari Home Credit Pay, perangkat elektronik, hingga emas 5 gram. Informasi lengkap terkait program tersebut dapat dilihat di sini.

Yuk, buat Ramadhan lebih bermakna dengan berbagai kegiatan bermanfaat yang dapat menjadi cicilan pahala.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com